Menkes: Varian Delta Sudah Punya Anak dan Cucu

Tim Editor

Ilustrasi covid-19 (Era.id)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, varian Covid-19 jenis Delta yang banyak menyebar kini sudah bermutasi dan beranak cucu. Salah satu turunan Varian Delta yang sedang menjadi perhatian yaitu AY4.2.

"Varian Delta itu kodenya B.1.617.2 nah itu sudah punya anak. Anaknya itu depannya pakai (kode) AY, ada AY.4, ada AY.2.3, ada AY.2.4. Malah sudah keluar juga cucunya, yang AY.4 keluar anaknya AY4.2," kata Budi dalam Konferensi Pers evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Menurut Budi, varian Delta yang banyak ditemukan di Indonesia yaitu AY2.3 dan AY2.4. Sedangkan untuk cucu vairian Delta yaitu AY4.2 hingga saat ini belum ditemukan di Indonesia.


"Nah, di Indonesia sendiri AY4 sudah ada, AY2.3 sudah ada, AY2.4 sudah ada. AY4.2 belum ada," kata Budi.

Budi mengatakan, seluruh mutasi Varian Delta memiliki genetik yang tidak jauh berbeda. Oleh karenanya, dia meyakini Indonesia saat ini sudah terbentuk kekebalan imunitas yang cukup, berdasarkan capaian vaksinasi Covid-19.

"Varian Delta baik ortangtuanya, anaknya, atau cucunya itu memiliki mutasi genetik yang mirip. Jadi kesimpulan kami sampai sekarang, kalau misalnya ada masuk anaknya atau cucunya, Insya Allah kekebalan yang sudah terbentuk di masyarakat kita masih cukup untuk bisa menanggulangi penyebaran ini," pungkasnya.

Tag: covid-19 budi gunadi sadikin covid-19 varian delta

Bagikan: