Pesan Andika ke Prajuritnya: TNI Bagian dari Masyarakat Indonesia

| 17 Nov 2021 19:33
Pesan Andika ke Prajuritnya: TNI Bagian dari Masyarakat Indonesia
Andika Perkasa beserta keluarga usai dilantik menjadi Panglima TNI (Agus Suparto)

ERA.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bepesan kepada seluruh prajurit TNI se-Indonesia untuk selalu menjadi bagian dari masyarakat. Hal ini disampaikan usai acara pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Andika mengatakan, seluruh prajurit TNI harus mampu menjadi diri sendiri di tengah-tengah keluarga, teman maupun masyarakat. Dia ingin menunjukan bahwa TNI selalu bersama rakyat.

"Seluruh prajurit TNI di seluruh Indonesia, saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri, bagian dari kita semua di tengah keluarga, teman, maupun sanak saudara kita. Karena kita bagian dari mereka," kata Andika.

Sementara untuk program kerja yang akan dilakukan setelah resmi menjabat sebagai Panglima TNI, Andika mengaku hanya akan melanjutkan program yang sudah dijalankan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain itu, dia juga akan memastikan TNI akan bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangannya sesuai perundang-undangan. Meski begitu, Andika mengaku tetap akan melakukan evaluasi dan perbaikian di tubuh TNI.

"Program kerja, kita akan melanjutkan secara umum, karena memang kita sudah dibatasi ruang di mana tugas-tugas kita sudah dicantumkan di Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, jadi saya kan terus," kata Andika.

"Tetapi memang detilnya saja dari tiap-tiap tugas yang perlu sedikit evaluasi dan perbaikan sana-sidni," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, saat menjalani fit and proper test dengan Komisi I DPR RI, Jenderal Andika Perkasa mengatakan visi yang diusungnya sebagai calon Panglima TNI adalah slogan TNI adalah Kita.

"Kalau berangkat dari vision statement, saya memilih TNI adalah kita," kata Andika, Sabtu (6/11).

Andika menjelaskan, slogan tersebut dipilih karena dia menginginkan masyarakat Indonesia maupun internasional merasa bahwa TNI adalah bagian dari mereka. Dia mengatakan, saat ini TNI masih memiliki banyak keterbatasan dan keanekaragaman.

"Kita bisa saja ingin profesional, ingin lebih banyak lagi. Tapi itu kan proses yang terus kami bangun," kata Andika.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (17/11/2021).

Rekomendasi