Pengangguran Meningkat Saat Pandemi, Ida Fauziyah: Penting Ciptakan Lapangan Kerja Saat Orang Sibuk Cari Lowongan

| 03 Dec 2021 19:55
Pengangguran Meningkat Saat Pandemi, Ida Fauziyah: Penting Ciptakan Lapangan Kerja Saat Orang Sibuk Cari Lowongan
Menaker Ida Fauziyah (Dok. Kemenaker)

ERA.id - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan sektor ketenagakerjaan paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak industri yang terpaksa membatasi produksi dan berimbas ke PHK. Akibatnya tentu meningkatnya pengangguran dan kemiskinan.

"Berbagai program dilakukan Kemnaker dalam membantu masyarakat, salah satunya program untuk perluasan kesempatan kerja melalui bantuan tenaga kerja mandiri (TKM)," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/12/2021).

Kementeriannya mengadakan Tenaga Kerja Mandiri Expo Republik Kreatif 2021. Ia ingin mendorong pengembangan potensi usaha agar dapat mempromosikan produknya ke lingkungan yang lebih luas.

"Melalui pelaksanaan TKM Expo ini bisa semakin memajukan usaha para wirausahawan yang telah mendapatkan program bantuan TKM. Oleh karena itu sangat penting untuk terus menciptakan lapangan kerja yang baru di saat orang sedang sibuk mencari lowongan kerja," ujar Ida.

Lebih lanjut, Pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal Binapenta dan PKK Kemnaker Haiyani Rumondang menjelaskan tujuan TKM Expo sebagai wadah untuk menyaring saran, masukan, serta dukungan dalam mencapai keberhasilan program perluasan kesempatan kerja.

"Dari TKM Expo ini dapat mengukur tingkat keberhasilan dan mengenali hambatan dalam pelaksanaan program-program perluasan kesempatan kerja sebagai bahan penyempurnaan dimasa yang akan datang," kata Haiyani.

Sebagai informasi, pada kesempatan tersebut Ida juga menyerahkan bantuan program perluasan kesempatan kerja tahun 2021 kepada TKM Pemula, Lanjutan dan Padat Karya.

Rekomendasi