'Duet' Gibran dan Pangeran Mangkunegaran, Akan Jadikan Pura Mangkunegaran Seperti Kawasan Malioboro

Tim Editor

Gibran dan Pangeran Mangkunegaran (Dok. Antara)

ERA.id - Pangeran Mangkunegaran GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo berkunjung ke Balai Kota Solo dan bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Rabu (8/12/2021). Dalam pertemuan ini keduanya membahas kerjasama antara Pemkot Solo dan Mangkunegaran ke depannya.

Pertemuan berlangsung selama sekitar 1 jam di ruang rapat Wali Kota Solo. Dalam pertemuan ini ada beberapa hal yang dibahas keduanya. "Kami akan sinkronkan event pada 2022. Apalagi nanti koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro akan diperbaiki. Ini tadi Gusti Bhre saya berikan gambar terbarunya," kata Gibran usai pertemuan.

Ia memiliki konsep jika nantinya kawasan yang berada tepat di depan Pura Mangkunegaran ini akan disulap menjadi seperti kawasan Malioboro. Terkait penataan ini Gibran memperkirakan terlaksana dalam satu tahun. "Enggak, nggak multi years. Hanya satu tahun. Dan nanti lebih baik dari Malioboro," ucapnya.


Terkait penataan Gatsu ini, Gibran telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait teknisnya. Ke depannya Pemkot Solo akan membuat wadah untuk pedagang kaki lima (PKL) dan Performing Space agi warga.

"Konsepnya akan kami kurasi produk-produk UMKM terbaik di kota Solo. Saat ini semua sudah matang, tinggal tunggu tender di bulan Januari," ucapnya.

Saat ditanya kerjasama dengan Mangkunegaran, Gibran mengatakan secara spesifik jika kerjasamanya terkait area parkir. Sebab di kawasan Mangkunegaran ini merupakan area yang luas dan mampu menampung banyak kendaraan.

"Yang diobrolkan tadi soal itu. Tapi akan kami detailkan lagi, tunggu ya," ucapnya.

Sementara itu GPH Bhre Cakrahutama enggan berbicara banyak usai pertemuan. Ia hanya mengatakan semua akan disampaikan secara terbuka beberapa waktu ke depan.

"Saat ini pekerjaannya (revitalisasi Mangkunegaran) masih berjalan. Semua berjalan baik dan Desember selesai," katanya.

Tag: gibran rakabuming raka solo Pangeran Mangkunegaran

Bagikan: