Pura Mangkunegaran Akan Gelar Kirab Pusaka, Jokowi, Ganjar, dan Prabowo Diundang

| 14 Jul 2023 14:47
Pura Mangkunegaran Akan Gelar Kirab Pusaka, Jokowi, Ganjar, dan Prabowo Diundang
KGPAA Mangkunegara X, Solo, Jumat (14/7/2023).

ERA.id - Pura Mangkunegaran akan menggelar kirab pusaka Malam 1 Suro pada Selasa (18/7/2023). Kirab ini rencananya mengundang berbagai tokoh publik yang selama ini intens berkunjung ke Pura Mangkunegaran.

Tokoh publik yang diundang di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Presiden Joko Widodo. Sementara yang sudah memastikan kehadirannya yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

”Undangan sudah kami kirim, terutama untuk tokoh-tokoh yang sering berkunjung ke sini (Mangkunegaran). Kalau untuk Presiden Jokowi, undangan juga kami kirim. Namun kami maklum dengan kesibukan beliau,” kata Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X saat ditemui di Pura Mangkunegaran, Jumat (14/7/2023).

Rencananya Kirab Pusaka Malam 1 Suro di Pura Mangkunegaran akan dimulai pukul 19.00 WIB. Kirab dimulai dengan mengarak pusaka mengelilingi tembok luar Pura Mangkunegaran.

Dalam kirab ini biasanya disertai dengan berjalan kaki dan tapa bisu. Sehingga semua yang ikut dalam kirab dilarang untuk berbicara.

Untuk kirab ini mengambil rute keluar dari gerbang utama Pura Mangkunegaran menuju ke Jalan Ronggowarsito, kemudian berbelok kanan ke Jalan Kartini, lalu ke Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar dan kembali ke Jalan Ronggowarsito dan kembali ke Pura Mangkunegaran.

”Setelah kirab kami akan melanjutkan dengan semedi,” katanya.

Terkait kehadiran para tokoh ini, Mangkunegara X tentunya merasa senang. Sebab dengan adanya para tokoh ini, tentunya Mangkunegaran bisa makin dekat dengan masyarakat.

”Pak Gubernur tahun lalu kan juga hadir. Mas Wali juga tahun ini katanya mau hadir lagi, kami harapkan beliau hadir. Semakin ramai semakin baik,” katanya.

Rekomendasi