Kondisi Terkini SBY Usai Operasi Pengangkatan Kanker Prostat di AS

| 16 Dec 2021 17:45
Kondisi Terkini SBY Usai Operasi Pengangkatan Kanker Prostat di AS
Susilo Bambang Yudhoyono (Instagram)

ERA.id - Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat usai menjalani perawatan setelah operasi besar pengangkatan kanker prostat di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan pada Kamis (16/12/2021).

Menurut Hinca, SBY telah sembuh dan dalam kondisi sehat. "Mudah-mudahan bisa ngumpul sama kita dalam waktu dekat," jelas Hinca.

Meski demikian, dia tidak menjelaskan secara rinci kapan SBY akan kembali ke Indonesia.

Pada awal November lalu, Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan mengungkapkan SBY didiagnosa mengidap kanker prostat.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

"Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," katanya.

Pada 12 November, SBY pun menjalani operasi di RS Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Dalam video yang diunggah keluarga, setelah menunggu, Ibas mengabarkan bahwa operasi yang dijalani SBY telah selesai dan berjalan dengan lancar tanpa ada komplikasi.

SBY selesai menjalani operasi sekitar pukul 10:00 waktu setempat

"Alhamdulillah lancar semuanya, everything goes well, nggak ada komplikasi, nggak ada apa-apa. Tinggal menunggu," kata Ibas.

Rekomendasi