Waspada, Kasus Varian Omicron di Indonesia Sudah 152 Kasus, Luhut: Kita Lebih Siap!

| 03 Jan 2022 15:11
Waspada, Kasus Varian Omicron di Indonesia Sudah 152 Kasus, Luhut: Kita Lebih Siap!
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikan menyampaikan kasus positif Covid-19 Varian Omicron di Indonesia bertambah 16 orang. Sehingga total kasus Varian Omicron di Tanah Air mencapai 152 kasus.

Budi mengatakan, mayoritas kasus Varian Omicron yang terdeteksi di Indonesia berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

"Per hari ini 152 kasus, ada tambahan 16 kasus dibandingkan dua hari yang lalu dan semuanya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2022).

Meski telah menembus lebih dari 100 kasus, Budi mengklaim jumlah Varian Omicron di Indonesia relatif lebih rendah dibandingkan negara-negara lain. Saat ini, Indonesia menempati urutan ke 40 negara yang terdeteksi ada Varian Omicron.

Kasus Varian Omicron di Indonesia bahkan lebih rendah dibandingkan sejumlah negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

"Negara di Asia Tenggara yang di atas kita adalah Singapura 1.600, dan Thailand 1500, Indonesia ada di posisi 40 jumlahnya per hari ini 152 kasus," kata Budi.

Budi memaparkan, saat ini kasus Varian Omicron di dunia mencapai 408.000 kasus. Negara yang sudah terdeteksi adanya Varian Omicron mencapai 132 negara.

Kasus Varian Omicron paling banyak tercatat di negara-negara Eropa seperti Inggris dan Denmark, serta Amerika Serikat. Menurut Budi, kasus Varian Omicron di negara-negara tersebut telah mencapai 20.000 kasus.

"Indonesia, Alhamdulillah relatif lebih rendah kalau kita lihat dari populasinya dan juga luas geografisnya ini," Kata Budi.

"Ini karena berhubung karantina kita sudah cukup ketat, kita berhasil menahan masuknya Omicron," imbuhnya.

Sementara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kesiapan pemeritnah untuk menghadapi Varian Omicron sudah jauh lebih baik, baik dari segi fasilitas kesehatan, obat-obatan, hingga tenaga kesehatan. Namun, dia mengingatkan agar kewaspadaan tetap harus ditingkatkan.

"Kesiapan kita mengadapi Omicron ini saya kira sudah sangat terkendali, tetapi tetap dengan kehati-hartiian. Mulai dari vaksinasi terus digencarkan," kata Luhut.

"Mengenai obat disiapkan, rumah sakit disiapkan, semua yang diperlukan untuk itu sudah kita siapkan. Jadi jauh lebih siap. Saya ulangi, jauh lebih siap dari kejadian pada Juni tahun lalu. Dokter juga lebih siap," imbuhnya.

Rekomendasi