Waspada! 6 Kasus Varian Omicron dari Transmisi Lokal, Paling Banyak Jakarta

| 03 Jan 2022 17:43
Waspada! 6 Kasus Varian Omicron dari Transmisi Lokal, Paling Banyak Jakarta
Ilustrasi swab test (Dok. Antara)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah telah mendeteksi enam kasus positif Covid-19 Varian Omicron yang berasal dari transmisi lokal. Adapun jumlah total keseluruhan kasus Varian Omicron di Indonesia saat ini mencapai 152 kasus. Menurut Budi, kasus Varian Omicron dari transmisi lokal ini paling banyak terdeteksi di Jakarta.

"Dari 152, kita tahu enam kasus sudah merupakan transmisi lokal. Ada yang datang sebagian besar di Jakarta, tapi ada juga yang datang dari Medan, Bali, dan Surabaya," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2022).

Budi mengatakan, sebagian besar kasus Varian Omicron di Indonesia masih berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Menurutnya, jumlah transmisi lokal Varian Omicron yang sangat sedikit ini berkat kerja keras pemerintah dalam menegakkan aturan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri. Sehingga, kasus Vairan Omicron yang terdeteksi tak sampai menyebar luas di tengah masyarakat.

"Berhubung karantina kita sudah cukup ketat kita berhasil menahan masuknya Omicron ke dalam," kata Budi.

Indonesia saat ini berada di urutan ke 40 dari 132 negara di dunia yang terdeteksi memiliki kasus Varian Omicron. Di wilayah Asia Tenggara, jumlah kasus Varian Omicron jauh lebih sedikit dibandingkan Singapura yang mencapai 1.600 kasus dan Thailand yang mencapai 1.500 kasus.

Adapun negara yang tercatat kasus Varian Omicron mencapai lebih dari 20.000 yaitu Inggris, Denmark, dan Amerika Serikat.

Rekomendasi