Warga Kota Tangerang Terpapar Covid-19 Varian Omicron Bertambah, Jadi Lima Orang

Tim Editor

Walikota Tangerang, Arief Wismansyah (M. Iqbal/ ERA.id)

ERA.id - Sebanyak lima orang warga Kota Tangerang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Jumlah ini bertambah satu, sebelumnya ada 4 warga Kota Tangerang yang positif virus tersebut.

Demikian diungkapkan Walikota Tangerang Arief Wismansyah. Kata dia tambahan jumlah itu berasal dari salah satu keluarga yang tertular dari pasien Covid-19 varian Omicron.

"Kita memang sudah melakukan tracing , ada kurang lebih 4 dan sekarang jadi 5 yang positif, karena masih keluarganya yang positif," ujarnya (23/1/2022).


Arief mengungkapkan dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 terpapar virus itu di luar negeri. Sedangkan tiga orang lainya karena transmisi lokal.

"Untuk menetapkan Omicron ini kan ada waktu, karena yang bisa menetapkan itu Litbangkes. Jadi dua orang melakukan perjalanan luar negeri, tapi 3 ini transmisi lokal," ungkapnya.

Menurut Arief, kasus Covid-19 Varian Omicron ini paling banyak terjadi pada transmisi lokal. Artinya, mereka terpapar virus tersebut dari warga yang menjalankan perjalanan luar negeri.

"Harus lebih waspada karena yang sering terjadi adalah transmisi lokal, jumlahnya, hanya kurang lebih 20 persen perjalanan luar negeri, sisanya 80 persen ini Covid-19 Omicron transmisi lokal," kata dia.

Dia pun meminta masyarakat waspada dengan Pandemi Covid-19 ini. Arief tak mempermasalahkan masyarakat menjalankan aktivitas sosial dan ekonomi namun harus patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). Terutama soal vaksin.

"Tapi prokes harus kita perhatikan dengan vaksinasi booster. Memang dengan vaksin ini tidak sepenuhnya, tapi dari kasus yang ada vaksin ini bisa meminimalisir kasus berat menjadi ringan. Mudah mudahan ini kan menyelamatkan dan tidak menyebabkan kematian dari Covid-19," jelasnya.

Lebih jelasnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Dhini Anggraeni mengatakan pihaknya memang mengirimkan sampel pasien Covid-19 ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ada beberapa yang dicurigai mengarah seperti pelaku perjalanan luar negeri hingga CT value yang rendah.

"Pokoknya kalau sudah memenuhi syarat ya kita kirim ke Kemenkes," katanya. Pihaknya pun langsung melakukan tracing ke kontak erat dan keluarga dari pasien Covid-19 varian Omicron itu.

 

Kami juga pernah menulis soal Denny Siregar Suruh Orang-orang yang Terpengaruh Isu China di Ibu Kota Negara Segera Tobat: Beban Hidup Kalian Terlalu Berat. Kamu bisa baca di sini.

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!



 

Tag: tangerang covid-19 omicron

Bagikan: