Viral Luhut Angkat Telepon Saat Presiden Jokowi Pidato, Ini Alasan Juru Bicara Kemenko Marves

| 07 Feb 2022 14:12
Viral Luhut Angkat Telepon Saat Presiden Jokowi Pidato, Ini Alasan Juru Bicara Kemenko Marves
Tangkapan layar

ERA.id - Juru bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Jubir Menko Marves), Jodi Mahardi buka suara terkait aksi Luhut Binsar Pandjaitan yang mengangkat telpon saat Presiden Joko Widodo sedang menyampaikan pidato di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Toba, Sumatera Utara pada Rabu (2/2/2022).

Menurut Jodi, saat itu Luhut sedang menerima telepon dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang memang harus segera diangkat.

Sebab, Menkes tengah melaporkan kondisi lonjakan Covid-19 di Indonesia sekaligus perkembangan pembelajaran tatap muka (PTM) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

"Beliau (Luhut) menyampaikan bahwa saat itu beliau sedang menerima telepon dari Menkes yang sedang meng-update kondisi lonjakan yang cukup signifikan," ujar Jodi saat dikonfirmasi, Senin (7/2/2022).

"Dalam laporan tersebut, beliau menerima dua laporan setidaknya yakni soal PTM dan evaluasi (PPKM) Jawa-Bali," imbuhnya.

Jodi mengatakan, telepon dari Menkes itu memang penting untuk diangkat.

Sebab laporan yang disampaikan Menkes akan diteruskan kepada Presiden Jokowi, sehingga dapat segera mengambil langkah-langkah mitigasi.

Saat itu diketahui Luhut memang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara.

"Hal tersebut dilakukan tentunya untuk segera bisa dilaporkan ke Presiden untuk diambil langkah-langkah mitigasi yang cepat. Karena saat itu kebetulan Pak Menko sedang mendampingi kegiatan Presiden," kata Jodi.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah menjadi sorotan lantaran kedapatan menerima telepon di tengah-tengah Presiden Jokowi berpidato untuk meresmikan Pelabuhan Ajibata, Toba, Sumatera Utara.

Aksi terima telepon yang dilakukan Luhut itu terekam kamera dan memicu beragam komentar serta kritikan dari publik.

Kami juga pernah menulis soal Menteri Nadiem Rilis Aturan Baru Sekolah Tatap Muka: Daerah PPKM Level 2 PTM 50 Persen Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi