Konflik Lahan di Desa Wadas, Pimpinan DPR Turun Tangan WA Kapolri

| 09 Feb 2022 15:50
Konflik Lahan di Desa Wadas, Pimpinan DPR Turun Tangan WA Kapolri
Muhaimin Iskandar (Dok. Instagram cakiminow)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengaku sudah mengirimkan pesan pendek melalui aplikasi WhatsApp kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait konflik lahan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dia meminta aparat kepolisian tidak bertindak represif dan melakukan dialog dengan warga.

"Saya sudah WA (kirim pesan WhatsApp) Pak Kapolri (penyelesaian soal Wadas) untuk dilakukan dengan mengedepankan penyadaran dan dialog kepada warga yang masih menolak. Jangan lagi dulu ada suasana yang panas. Apalagi suasana yang memungkinkan terjadinya bentrok," kata Muhaimin melalui keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Muhaimin juga mendesak Polda Jateng untuk membebaskan Warga Desa Wadas yang sempat ditangkap. Hal ini untuk meredam suasana agar kembali kondusif.

Dia juga meminta kepala daerah setempat segera turun tangan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi.

"Warga yang ditangkap polisi supaya dikeluarkan, lalu diajak bicara baik-baik. Ini sesama warga bangsa memiliki hak dan kewajiban yang harus saling menghormati," katanya.

Diketahui, sejumlah warga ditangkap pihak aparat kepolisian sebagai buntut dari masuknya ratusan aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP ke Desa Wadas pada Selasa (8/2/2022).

Petugas gabungan itu mengawal pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang melakukan pengukuran lahan untuk penambangan batu andesit yang akan dipergunakan untuk proyek pembangunan Bendungan Bener. Suasana memanas ketika polisi melihat beberapa warga yang diduga membawa senjata tajam. Polisi lalu menangkap warga yang dianggap menjadi provokator.

Pembangunan Bendungan Bener merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Penanggung jawab proyek tersebut diemban oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rencana konstruksi proyek bendungan telah dimulai sejak 2018 dan direncanakan rampung pada 2023 mendatang.

Rekomendasi