Beredar Nama Anggota KPU-Bawaslu Terpilih, DPR: Baru Juga Fit and Proper Test

| 15 Feb 2022 11:36
Beredar Nama Anggota KPU-Bawaslu Terpilih, DPR: Baru Juga Fit and Proper Test
Ahmad Doli Kurnia (DPR)

ERA.id - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia membantah kabar sudah ada kesepakatan nama calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 yang terpilih. Menurutnya proses fit and proper test saja baru mulai dilaksanakan.

"Fit and proper test-nya saja baru sekarang, kalau di Komisi II nggak ada. Nggak tahu kalau di luar Komisi II," ujar Doli kepada wartawan dikutip, Selasa (15/2/2022).

Doli menegaskan, Komisi II DPR RI tak pernah main-main dalam menyelenggarakan fit and proper test. Sebab, agenda ini memakan waktu dan juga anggaran yang tidak sedikit.

"Masa main-main, ada anggarannya lho, ngapain ini buang-buang waktu. Kerjaan saya juga banyak, ngurusin partai dan macam-macam. Ini serius," tegas Doli.

Terpisah, Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini berharap kabar terkait sudah adanya nama calon anggota KPU-Bawaslu terpilih itu tidak benar. Dia juga berpesan kepada Komisi II DPR RI untuk serius melakukan fit and proper test, jangan sampai muncul anggapan kegiatan tersebut hanya jadi formalitas belaka.

"Kita berharap hal itu tidak benar dan sekadar spekulasi yang disebar pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu sangat penting bagi Komisi II DPR untuk melakukan uji kelayakan dengan akuntabel dan profesional sehingga publik percaya bahwa apa yang berlangsung bukan," kata Titi.

Beredar pesan berantai yang berisikan nama-nama calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 terpilih. Dalam pesan itu juga dituliskan bahwa nama-nama tersebut sudah disepakati oleh partai politik dan organisasi sebelum fit and proper test digelar.

Adapun Komisi II DPR RI menggelar fit and proper test mulai 14-16 Februari 2022. Dalam proses tersebut, para legislator ini akan memilih tujuh dari 14 calon anggota KPU dan lima dari 10 calon anggota Bawaslu.

Berikut bunyi pesan tersebut:

Kesepakatan di partai koalisi per tadi malam:

KPU :

1. Parsadaan Harahap (HMI/Golkar)

2. Idham Holik (HMI/Nasdem)

3. Betty Epsilon Idroos (HMI/Nasdem)

4. August Mellaz (non muslim/PDIP)

5. Yulianto Sudrajat (GMNI/PDIP)

6. Mochammad Afifuddin (PMII/PKB)

7. Hasyim Asy'ari (Ansor/Gerindra)

Bawaslu :

1. Rahmat bagja (HMI/Golkar)

2. Puadi (HMI/Gerindra)

3. Totok ( GMNI/PDIP)

4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda (Non Muslim/Nasdem)

5. Lolly Suhenty (PMII/PKB)

Adapun 14 nama calon anggota KPU yang mengikuti fit and proper test antara lain: August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy'ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa'at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sedangkan 10 calon anggota Bawaslu antara lain: Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

Rekomendasi