Terungkap, Kepala Otorita IKN yang Dilantik Jokowi Pekan Depan Bukan dari Partai Politik, Siapa Dia?

| 22 Feb 2022 15:38
Terungkap, Kepala Otorita IKN yang Dilantik Jokowi Pekan Depan Bukan dari Partai Politik, Siapa Dia?
Presiden Jokowi (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara mengenai kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurutnya, kepala otorita IKN Nusantara akan dilantik secepatnya atau sekitar pekan depan.

"Secepatnya. Ya mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik (kepala otorita IKN Nusantara)," kata Jokowi di Tower NasDem, Jakarta, Selasa (2/22/2022).

Terkait siapa yang akan menjadi kandidat kepala otorita IKN, Jokowi tak mau membocorkannya. Dia hanya mengatakan, yang akan dipilihnya nanti adalah sosok dari kalangan non parpol.

"Non parpol," kata Jokowi.

Untuk diketahui, hingga saat ini nama kepala otorita IKN Nusantara masih menjadi misteri. Sebabnya, masih ada sembilan aturan turunan yang belum diselesaikan oleh pemerintah, salah satunya terkait Otortia IKN.

Meskipun UU IKN telah ditandatangani Presiden Jokowi, namun kepala otorita IKN Nusantara masih belum bisa ditunjuk lantaran belum adanya Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur menganai penunjukan tersebut.

Tenaga Ahli Utama kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan, ada lima aturan turunan yang diproritaskan untuk diselesaikan dan diterbitkan lebih dulu menyusul telah diundagkannya UU IKN oleh Presiden Jokowi. Namun dia tak merinci apa saja aturan tururnan yang menjadi prioritas, hanya saja salah satunya yaitu Perpres tentang Otorita IKN.

"Mungkin ada lima aturan turunan yang diprioritaskan. Salah satunya soal Otorita IKN," kata Wandy.

Soal nama-nama kandidat Kepala Badan Otorita IKN, pada 2 Maret 2020, Jokowi juga sempat membeberkan beberapa kandidat mulai dari Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro hingga Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Rekomendasi