Satgas COVID-19 Sampaikan Kabar Baik: Wilayah Jawa-Bali Sudah Lewati Puncak Omicron, Luar Jawa-Bali Harap Waspada

| 06 Mar 2022 15:14
Satgas COVID-19 Sampaikan Kabar Baik: Wilayah Jawa-Bali Sudah Lewati Puncak Omicron, Luar Jawa-Bali Harap Waspada
Ilustrasi (Iqbal/era.id)

ERA.id - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengungkapkan, puncak kasus SARS-CoV-2 di wilayah Jawa-Bali sudah lewat. Namun, untuk luar Jawa-Bali, jumlah kasus baru mulai meningkat.

"Di Jawa-Bali puncaknya sebenarnya sudah lewar, per tanggl 23 Januari 2022 di Jawa-Bali itu puncaknya. Di luar Jawa-Bali mungkin situasinya belum semeningkat itu, masih beberapa yang mungkin baru mulai naik," kata Dewi dalam diskusi daring, Minggu (6/3/2022).

Dewi memaparkan, sejumlah daerah di Jawa-Bali sudah mulai menujukan penurunan kasus harian. Diantaranya yaitu Banten dari 7.283 kasus menjadi 2.396 kasus, Jawa Barat dari 16.251 menjadi 9.778 kasus, Bali dari 2.556 menjadi 470 kasus, Jawa Timur dari 8.977 menjadi 5.413 kasus, DKI Jakarta dari 15.825 menjadi 4.675 kasus.

Meski begitu, kata Dewi, terdapat ada dua provinsi yang tercatat jumlah kasusnya masih tinggi, yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Di Jawa Tengah, kasus Covid-19 masih dalam tren kenaikan dari 5.623 menjadi 6.021 kasus, sementara di DI Yogyakarta juga masih naik dari 2.750 menjadi 2.855 kasus.

"Yang masih naik di kita adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ini masih menuju puncak. Kita enggak tahu puncaknya di mana. Tapi, di lima provinsi lain yang ada di Jawa-Bali, trennya sudah menunjukkan penurunan," kata Dewi.

Sementara untuk wilayah luar Jawa-Bali, Satgas Covid-19 mencatat terdapat sejumlah provinsi yang tengah mengalami peningkatan kasus mulai dari Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Lamping, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, hingga Riau. Hanya Papua yang sudah mulai menunjukkan penurunan kasus.

"Mungkin di luar Jawa dan Bali kasusnya akan lebih mendominasi dalam beberapa hari atau pekan ke depan," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Ampuh Menekan Virus SARS-CoV-2 di Rongga Mulut, Apa Itu Cairan Kumur Berteknologi CPC? Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi