Resmi! Satgas Pastikan Puncak Omicron RI Sudah Terlewati

| 09 Mar 2022 07:32
Resmi! Satgas Pastikan Puncak Omicron RI Sudah Terlewati
Wiku Adi Sasmito dok. BNPB

ERA.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan data perkembangan COVID-19, perkembangan data kasus positif, kesembuhan, keterisian tempat tidur, serta cakupan vaksinasi di tingkat nasional juga menjadi hal-hal yang dipertimbangkan untuk menilai kesiapan Indonesia menuju transisi dan adaptasi kegiatan masyarakat.

Setelah melewati puncak Omicron pada tanggal 20 Februari 2022, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring di Jakarta, Selasa (8/3/2022) mengatakan, saat ini kasus positif COVID-19 terus menunjukkan penurunan.

Disampaikan, dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan, kasus mingguan meningkat cukup tajam menjadi hampir 400.000 kasus. Saat ini, hanya berselang dua minggu Indonesia berhasil menurunkan kasus hampir setengahnya menjadi 200.000 kasus.

"Tentunya angka ini masih tinggi dan masih menjadi tugas kita bersama untuk menurunkannya menjadi seperti sebelum puncak yang hanya berkisar 1.000 kasus dalam satu minggu," katanya.

Sementara itu, persentase kesembuhan akibat COVID-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan menjadi hampir 90 persen. Peningkatan kesembuhan itu dibarengi dengan mulai turunnya angka keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan COVID-19 nasional selama 10 hari terakhir, dari 38,79 persen menjadi 28,2 persen.

"Meski begitu, kesiagaan menuju periode transisi dan adaptasi terus ditingkatkan dengan menambah jumlah tempat tidur," ucapnya.

Wiku menambahkan, jika melihat angka kasus aktif di dalam negeri, Indonesia masih terbilang tinggi. Per tanggal 7 Maret 2022 tercatat jumlah kasus aktif sebanyak 44.8273 kasus.

"Sehingga seluruh upaya penanganan COVID-19 harus terus dilakukan secara konsisten meskipun kasus di nasional sudah menunjukkan penurunan," katanya.

Terkait vaksinasi, Wiku menyayangkan laju suntikan vaksinasi menunjukkan tren penurunan. Berdasarkan data vaksin pemerintah yang diolah dari laman Our World in Data per 6 Maret 2022, jumlah penduduk yang telah divaksin dosis lengkap baru 53,5 persen, sementara jumlah penduduk yang sudah divaksin pertama sudah mencapai 69,48 persen, atau hampir mencapai 70 persen populasi.

Kami juga pernah menulis soal Satgas COVID-19 Sampaikan Kabar Baik: Wilayah Jawa-Bali Sudah Lewati Puncak Omicron, Luar Jawa-Bali Harap Waspada Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi