Jaga Jarak dan Tes COVID-19 Dicabut, MUI: Shaf Kembali Dirapatkan, Salat Jamaah Kembali Seperti Semula

| 10 Mar 2022 09:13
Jaga Jarak dan Tes COVID-19 Dicabut, MUI: Shaf Kembali Dirapatkan, Salat Jamaah Kembali Seperti Semula
Ilustrasi salat berjamaah (antara)

ERA.id - Majelis Ulama indonesia (MUI) memperbolehkan jamaah di masjid seluruh Indonesia untuk merapatkan shaf dalam salat dan tanpa berjarak.

Hal ini dilakukan menyusul dilakukannya pelonggaran aktivitas masyarakat di sejumlah transportasi seperti kereta api dan pesawat terbang.

Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menyatakan pelonggaran tersebut juga sebagai tindak lanjut atas kondisi wabah yang sudah menunjukkan tren menurun.

"Fatwa tentang kebolehan perenggangan shaf ketika shalat, itu merupakan rukhshah atau dispensasi karena ada udzur mencegah penularan wabah. Dengan melandainya kasus serta adanya pelonggaran aktifitas sosial, termasuk aturan jaga jarak di dalam aktifitas publik, maka udzur yang menjadi dasar adanya dispensasi sudah hilang. Dengan demikian, shalat jamaah kembali pada aturan semula, dirapatkan. Merapatkan shaf saat berjamaah dengan tetap menjaga kesehatan", ujar Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh kepada wartawan, Rabu (9/3/2022).

Tidak hanya dalam salat jamaah, aktifitas pengajian di masjid dan perkantoran dapat kembali dilaksanakan dengan tetap disiplin menjaga kesehataan.

Untuk itu, tambah Niam, umat Islam diminta mengoptimalkan persiapan pelaksanaan Ibadah Ramadhan dengan khusyu' dan semarak, tetapi tetap disiplin dalam menjaga kesehatan.

"Sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Ramadhan, untuk itu umat Islam perlu mempersiapkan diri lahir bathin sebaik-baiknya. Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan ibadah dan syiar keagamaan serta membangun solidaritas sosial. Kita optimalkan syiar tetapi tetap waspada dan disiplin menjaga kesehatan", pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Terungkap, Guntur Romli Sebut Korlap PA 212 Fikri Bareno yang Salah Gerakan Salat Adalah Penyusup HTI di MUI Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi