DPR Dukung Wacana Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran

| 23 Mar 2022 18:12
DPR Dukung Wacana Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mendukung penuh usulan terkait vaksinasi Covid-19 dosis tambahan atau booster menjadi syarat mudik saat Hari Raya Idulfitri 2022. Usulan tersebut sebelumnya disampaikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dasco mengatakan, meskipun saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah landai namun trennya tidak bisa diprediksi. Karena itu, vaksinasi booster diperlukan untuk menambah kekebalan tubuh.

"Mudik lebaran itu kan pasti orang ramai-ramai pulang kampung. Saya setuju bahwa kemudian booster dijadikan syarat karena antara vaksin dosis 1 dan 2 kan sudah berjarak," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

"Sementara booster itu kan bisa menambah kekuatan di tubuh kita untuk melawan Covid. Sehingga apa yang disampaikan Wapres, saya dukung penuh," tegasnya.

Meski begitu, Dasco tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini diperlukan sampai kondisi pandemi Covid-19 benar-benar sudah landai.

"Kita kan enggak bisa prediksi. Tiba-tiba variannya lemah, ganas, sehingga prokes tetap lebih tepat sampai kita benar-benar yakin bahwa yang namanya Covid ini sudah benar-benar landai," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah membuka kemungkinan vaksinasi dosis ketiga (booster) COVID-19 menjadi syarat bagi masyarakat untuk melakukan mudik pada musim libur Lebaran 2022.

Menurut Wapres, selain dua kali vaksinasi lengkap, masyarakat juga diminta untuk segera melakukan vaksinasi booster.

"Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat kalau nanti orang mau mudik," kata Wapres Ma'ruf Amin di Bandung, Selasa (22/03/2022) dikutip dari Antara.

Kami juga pernah menulis soal Mudik Dilarang atau Tidak? Menko PMK: Mudik Boleh Asal Sudah Vaksin 2 Kali Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : Booster mudik
Rekomendasi