Puan Berpeluang Gandeng Anies atau Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Bakal Dahsyat?

| 27 Mar 2022 08:10
Puan Berpeluang Gandeng Anies atau Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Bakal Dahsyat?
Anies Baswedan dan Puan Maharani (Antara)

ERA.id - Ketua DPR RI dari PDIP, Puan Maharani, berpeluang menggandeng salah satu gubernur yang namanya sudah populer, baik Anies atau Ridwan Kamil.

Bagaimana tidak, Puan berada di partai penguasa yang tanpa berkoalisi pun, sudah bisa mengusung calon di Pilpres 2024. Manuver politiknya sudah pasti masuk akal. Itulah hebatnya partai yang digawangi Megawati Soekarnoputri itu.

Lalu bagaimana amatannya? Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie berpendapat, Puan-Anies adalah psangan potensial di Pilpres 2024.

Jerry mengatakan menanggapi pernyataan Puan Maharani yang memberi peluang untuk berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Saya pikir semua bisa terjadi dalam politik. Saat ini baik partai dan para capres bergerilya mencari simpati partai dan publik," kata Jerry.

Direktur P3S ini berpendapat Puan-Anies juga bisa dibilang capres representatif mewakili gender dan male atau capres laki-laki. Saat ini partai terus membuka diri dan pinangan politik gencar dilakukan.

"Saya pikir Anies harus mencari kendaraan politik agar bisa survive karena Anies bukan pimpinan parpol. Kalau Puan-Anies maka bisa jadi PDIP-NasDem bakal kawin politik. Saya kira duo Puan-Anies cukup potensial, mesin partai juga menjadi penentu keduanya bisa bersanding dalam pelaminan politik," papar Jerry.

Menurut Jerry, Anies harus berpikiran terbuka atau "open minded" dan juga Puan harus cerdas melobi figur potensial di Pilpres.

"Saya kira PDIP mulai cerdas membaca konstelasi politik dan juga mulai peka seperti apa peluang para capres seperti Anies. Gubernur DKI Jakarta ini punya kans selain Prabowo Subianto," ujarnya.

Selain Anies, puan juga akan menjalin dengan capres potensial lainnya, seperti Ridwan Kamil.

"Hal ini bisa mendongkrak popularitas Puan dan juga 'political branding' keduanya bakal naik. Apalagi Puan mulai membuka komunikasi dengan Nahdlatul Ulama. Ini kredit poin baginya," kata Jerry.

Kami juga pernah menulis soal Pimpin IPU ke 144, Puan Maharani Bahas Demokrasi Hingga Kesetaraan Gender Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi