Ribuan Kepala Daerah Dukung Jokowi Tiga Periode, PDIP Tegas: Itu Kan Maunya Apdesi, Tapi Republik Sudah Sepakat Sesuai Konstitusi

| 31 Mar 2022 07:32
Ribuan Kepala Daerah Dukung Jokowi Tiga Periode, PDIP Tegas: Itu Kan Maunya Apdesi, Tapi Republik Sudah Sepakat Sesuai Konstitusi
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Ketua Bappilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto tak mempermasalahkan rencana Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang akan mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk meneruskan kepemimpinannya.

Namun dia menegaskan, bahwa negara ini telah sepakat untuk menaati konstitusi.

"Itu kan maunya Apdesi, kalau orangnya mah ya boleh-boleh saja. Tapi republik ini bersepakat, kita berbangsa dan bernegara itu atas berdasarkan kesepakatan yang tertuang dalam konstitusi negara," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Bambang mengatakan, tidak ada aturan yang melarang jika ada kelompok yang ingin mendeklarasikan dukungan terhadap tokoh tertentu, termasuk kepada Jokowi. Hanya saja, hal itu harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kalau mendeklarasikan diri untuk menjadi presiden diizinkan toh. Tapi semua nanti ada perturan perundang-undangan," kata Bambang.

"Siapa peserta pilpres, peserta pilpres itu adalah gabungan capres dan cawapres itu diajukan oleh parpol atau gabungan parpol. Ada nggak di situ gabungan Apdesi," imbuhnya.

Sebelumnya, ribuan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) akan mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk menjabat tiga periode.

Ketua Umum Apdesi Surtawijaya mengatakan, awalnya deklarasi ingin dilakukan disela-sela pembukaan silaturahmi nasional Apdesi di Istora Senayan, Jakarta, Senin (29/3/2022). Acara tersebut diketahui dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Namun, rencana itu batal dilakukan lantaran dilarang banyak pihak. Karenanya, Apdesi akan menjadwalkan ulang deklarasi Jokowi tiga periode usai Hari Raya Idulfitri 2022.

"Tadinya mau hari ini. Dilarang sama semua," kata Surta kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/3/2022).

"Habis lebaran kami deklarasi. Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta," imbuhnya.

Kami juga pernah menulis soal Kemarin Kepala Desa Dukung 3 Periode, Kini Jokowi Jawab Santai: Sudah Sering Saya Dengar Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi