Blak-blakan PPATK Ungkap Ada 'Master Mind' Investasi Bodong di Dalam Negeri

| 05 Apr 2022 18:13
Blak-blakan PPATK Ungkap Ada 'Master Mind' Investasi Bodong di Dalam Negeri
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) buka-bukaan soal siapa dalang dibalik investasi ilegal yang belakangan ramai terjadi. Kepala PPATK mengatakan, master mind dari investasi bodong itu berada di luar negeri.

Hal ini diungkapkan sekaligus menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR RI dalam agenda rapat kerja, Selasa (5/4/2022).

"Terkait master mind ada di luar negeri. Kami juga menduga ada beberapa master mind yang ada di negara lain, ada beberapa yang di domestik," kata Ivan.

Terkait dengan hal tersebut, Ivan memastikan bahwa PPATK akan terus menelusuri transaksi-transaksi tersebut hingga benar-benar terungkap siapa dalangnya.

"Kami masi meminta kepada penyedia jasa keuangan utk terus melaporkan kepada PPPATK dan upaya preventif agar segera bisa dilakukan," kata Ivan.

"Kami mencoba untuk menelusuri transaksi sampai ke ultimate benificiary owner. Yang kami lihat memang saat ini perkembangannya terus meningkat," imbuhya.

Sebelumnya, dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Adde Rosi mencecar PPATK terkait investasi ilegal. Dia mendesak PPATK mengungkapkan dalang di balik inventasi ilegal.

menyusul pernyataan Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni menyoal dalang atau big boss.

"Beberapa saat lalu bapak Ahmad Sahroni di TV swasta mengatakan bahwa soal investasi bodong ini ada big boss-nya, katanya ada big boss-nya kemudian yang mengendalikan orang Indonesia yang posisinya ada di luar negeri. Saya rasa PPATK harusnya mengetahui," kata Adde.

Adde menilai, jika anggota dewan saja bisa mengetahui siapa dalangnya, seharusnya PPATK mengejar big boss tersebut.

"Kalau Pak Ahmad Sahroni tahu mestinya kepala PPATK juga pasti paham mengenai hal ini. Kalau memang betul siapa orangnya, kalau bisa disampaikan ya sampaikan, kalau bisa dieksekusi," kata Adde.

Kami juga pernah menulis soal Terseret Kasus Investasi Bodong Triumph DeFi, Indra Bekti: Saya Diajak Bekerjasama Jadi Brand Ambassador Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi