Geger Soal Omicron XE yang Lebih Menular, Kemenkes: kita Waspada Ya..

| 07 Apr 2022 20:44
Geger Soal Omicron XE yang Lebih Menular, Kemenkes: kita Waspada Ya..
Ilustrasi (Nisa/era.id)

ERA.id - Muncul varian Covid-19 bernama Omicron XE, yang merupakan rekombinan dari dua varian Omicron yang sudah ada, yaitu BA.1 dan BA.2. Varian Omicron XE sudah terdeteksi di Thailand.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga saat ini Varian Omicron XE belum terdeteksi di Indonesia.

"Varian XE sampai saat ini kita belum mendeteksi," kata Nadia di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (7/4/2022).

Meski begitu, Nadia memastikan bahwa pemerintah telah mewaspadai Varian XE. Sebabnya, dua varian Covid-19 yang menjadi rekombinan Varian Omicron XE yaitu BA.1 dan BA.2 sudah ada di Indonesia.

Apalagi, Varian Omicron sebelumnya pernah meningkatkan jumlah kasus Covid-19 di Tanah Air.

"Kita waspada ya, karena kan baik BA.1, BA.2, dua-duanya sudah ada di Indonesia. Jadi Varian XE itu bisa saja ada tapi sampai saat ini belum kita temukan," kata Nadia.

Untuk mengantisiaspi munculnya Varian XE, Nadia menyarankan agar masyarakat segera melakulan vaksinasi Covid-19 baik dosis lengkap maupun booster.

Nadia berharap pada akhir Mei nanti capaian vaksinasi lengkap atau dua dosis bisa mencapai target 70 persen dari total populasi Indonesia.

"Memang potensi itu tetap harus kita waspadai, moga-moga dengan makin tingkatnya vaksinasi kita tidak muncul dengan varian baru," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Terungkap! Belum Ada Vaksin Booster yang Halal, Panja Komisi IX: Pemerintah Berdosa Tidak Sediakan Vaksin Halal Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi