Fokus Racik Koalisi, PPP Belum Putuskan Sosok Capres 2024 dalam Rapimnas

| 16 Apr 2022 11:32
Fokus Racik Koalisi, PPP Belum Putuskan Sosok Capres 2024 dalam Rapimnas
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani

ERA.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum memutuskan calon presiden (Capres) 2024 yang akan diusung. Keputusan itu ditunda hingga Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang akan datang.

Adapun Rapimnas PPP digelar di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta pada 15 April 2022 hingga pukul 00.00 WIB.

"Hasil Rapimnas PPP. Pertama, menunda sampai dengan Rapimnas yang akan datang pembahasan dan keputusaan tentang siapa sosok capres dan cawapres yang akan diusung oleh PPP dan didiskusikan dengan parpol yang menjadi kawan koalisi dalam Pilpres 2024," kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul, Sabtu (16/4/2022).

Lantaran belum memutuskan capres yang akan diusung, Arsul bilang, hasil Rapimnas tadi malam juga memerintahkan DPP PPP meningkatkan komunikasi dengan partai politik yang lain dalam membahas Pemilhan Presiden (Pilpres) 2024.

"Menugaskan kepada DPP PPP agar lebih intensif membangun komunikasi terkait Pilpres dengan partai-partai lain," kata Arsul.

Arsul bilang, alasan belum memutuskan siapa sosok capres yang akan diusung, lantaran partainya ingin mendalami semua sosok maupun tokoh yang ada di ruang publik.

Nantinya, hasil pendalaman itu, akan disampaikan kepada calon partai-partai politik koalisi Pilpres 2024.

"PPP memang ingin mendalami lebih dahulu semua sosok-sosok yang disebut sebagai capres dan cawapres di ruang publik, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengusulkan nama-nama tertentu dalam koalisi partai tempat di mana PPP akan masuk," kata Arsul.

Menurut Arsul, sikap PPP ini juga sama dengan sejumlah partai politik lainnya. Khususnya parpol yang memberikan ruang kepada sosok capres non partai.

"Jadi PPP memandang lebih baik melakukan komunikasi soal ini dengan parpol-parpol lain yang akan diajak berkoalisi, ketimbang menyebut nama-nama capres-cawapres tersebut," kata Arsul.

Terkait kapan Rapimnas PPP selanjutnya akan digelar, hal itu belum diputuskan. Namun, Arsul memastikan Rapimnas akan diadakan setelah bulan Juni 2022 mendatang.

"Belum kita tetapkan, yang jelas tentu setelah Juni," kata Arsul.

Sebelumnya, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menegaskan bahwa forum Rapimnas tidak menyinggung soal tokoh yang bakal diusung untuk maju Pilpres 2024.

Selain itu PPP juga tidak memformulasikan mencari kandidat capres yang cocok dan tidak.

"Kemudian pasti Anda ingin bertanya kok ada A, B, C yang ingin diusung, saya ingin mengatakan bahwa Rapimnas, tidak sedang mendengarkan aspirasi itu," kata Suharso, Jumat (15/4/2022).

Surharso mengatakan, Rapimnas kali ini fokus untuk bagaimana menaikan elektoral partai berlogo kakbah tersebut. Serta mempersiapkan tim di internal.

Hal itu berguna untuk mencegah adanya gangguan situasi politik saat ini yang dapat menurunkan kerja-kerja meningkatkan elektoral partai.

"Kita ingin intens terhadap kepentingan elektoral PPP dibandingkan kepentingan elektoral lainnya. Jadi itu yang penting yang akan kita capai dalam rapimnas ini," kata Suharso.

Rekomendasi