Elektabilitas Terus Menanjak, Pengamat Sebut Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Pilpres 2024

| 27 Apr 2022 17:10
Elektabilitas Terus Menanjak, Pengamat Sebut Erick Thohir Bisa Jadi Penentu Pilpres 2024
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai bisa menjadi penentu di Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir merupakan satu nama calon potensial yang elektabilitas dan popularitasnya terus meroket berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Burhanuddin menuturkan bahwa elektabilitas Erick Thohir bahkan sudah menyamai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Dari simulasi 19 nama, kami mendapati jika elektabilitas Erick Thohir sudah menyamai Sandiaga Uno di angka 2,4 persen,” Burhanuddin.

Burhanuddin berkata kenaikan elektabilitas Erick Thohir merupakan sesuatu yang baru. Sebab, hasil survei pada Februari lalu, elektabilitas Erick Thohir baru berada di angka 1,3 persen dalam simulasi 19 nama.

Erick Thohir ketika itu masih berada di belakang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma (2 persen). Elektabilitas Erick Thohir kini berada di atas Khofifah dan Risma.

Lebih lanjut, Burhanuddin menyebut hal itu karena elektabilitas Khofifah berada di angka 1,9 persen, sementara Tri Rismaharini 1,3 persen.

“Kenaikan elektabilitas secara drastis dalam durasi yang tak terlalu lama ini sesuatu yang baru. Ada banyak penyebabnya, salah satunya terkait kinerja Erick Thohir yang dinilai paling bagus di antara menteri lainnya,” ujar Burhanuddin.

Di sisi lain, Burhanuddin berkata tren kenaikan elektabilitas Erick bukanlah kali pertama. Pada Februari 2022, elektabilitas Erick juga mengalami peningkatan jika dibandingkan Desember 2021.

Selain elektabilitas, tingkat pengenalan dan ketersukaan masyarakat terhadap Erick Thohir juga cenderung tinggi. Dalam catatan Indikator Politik Indonesia, tingkat pengenalan masyarakat terhadap Erick Thohir mencapai 53,6 persen, dengan tingkat kesukaannya sebesar 75,9 persen.

Tren tersebut menjadikan Erick memiliki kans besar masuk dalam bursa calon presiden, bahkan calon wakil presiden. Karena, dari simulasi sejumlah nama, Erick Thohir selalu masuk sebagai pilihan masyarakat, baik sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Dari hasil survei Indikator Politik Indonesia juga diketahui jika elektabilitas Erick bisa menjadi penentu kemenangan. Ini karena elektabilitas Erick mampu mendongkrak pasangannya, ketika ia ditempatkan sebagai calon wakil presiden.

“Saya melihat peluang Erick ini sangat besar. Bahkan, ia bisa menjadi penentu dari peta kontestasi menuju Pilpres 2024,” pungkas Burhan.

Rekomendasi