Ajukan Nama Anies ke Surya Paloh untuk Jadi Capres 2024, Politisi Nasdem Jabar: Sebagian Besar DPD Dukung

| 04 May 2022 19:35
Ajukan Nama Anies ke Surya Paloh untuk Jadi Capres 2024, Politisi Nasdem Jabar: Sebagian Besar DPD Dukung
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Barat bakal merekomendasikan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Rekomendasi Anies untuk diusung sebagai capres 2024 itu rencanannya akan diserahkan saat rapat kerja nasional (Rakernas) Partai NasDem pada 15-17 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

"Iya (merekomendasikan Anies sebagai capres 2024)," kata Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan ustopa kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Menurut Saan, mayoritas DPD Partai NasDem juga akan mengusulkan nama Anies sebagai capres 2024 pada saat rakernas nanti.

"Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas, umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam rakernas ke ketua umum (Surya Paloh)," kata Saan.

Meski begitu, seluruh kader NasDem menyerahkan keputusan akhir kepada Surya Paloh. Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menambahkan, semua kader akan mematuhi apapun keputusan dari ketua umum.

"Siapa pun nanti yang diputuskan oleh ketua umum terkait capres, tentu kita akan mematuhinya dan kita akan memperjuangkannya," kata Saan.

"Tapi sebagian besar meminta mengusulkan Pak Anies," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya megatakan, akan ada tiga nama capres 2024 yang akan direkomendasikan para kader kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Rakernas nanti kita akan merekomendasikan tiga nama capres kepada Pak Surya," kata Willy kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Willy mengatakan, ketiga nama capres yang direkomendasikan kader NasDem akan diputuskan oleh Surya Paloh.

Meski begitu, Willy belum mengetahui kapan Surya akan memilih satu dari tiga nama yang direkomendasikan tersebut .

"Nanti (rekomendasi nama-nama capres 2024) akan diserahkan ke Pak Surya. Pak Surya yang menentukan siapa yang akan beliau pilih, dan teknis waktunya nanti kita serahkan ke Pak Surya," kata Willy.

Rekomendasi