Batalkan Tender Gorden Rp43,5 Miliar, DPR: Seluruh Fraksi Sepakat

| 17 May 2022 18:39
Batalkan Tender Gorden Rp43,5 Miliar, DPR: Seluruh Fraksi Sepakat
DPR (Gabriella/era.id)

ERA.id - DPR RI resmi membatalkan proyek pengadaan gorden rumah dinas anggota dewan yang menelan biaya hingga miliaran rupiah.

Keputusan ini diambil setelah Kesetjenan DPR RI rapat dengan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI.

"Kesimpulannya, BURT memutuskan Sekretariat Jenderal untuk tidak melanjutkan pelaksaan pengadaan gorden, vitrage, dan blind rumah jabatan RJA DPR RI Kalibata," kata Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Sementara Wakil Ketua BURT DPR RI Johan Budi menjelaskan, keputusan pembatalan proyek pengadaan gorden rumah dinas anggota dewan itu telah disepakati oleh semua pihak.

"Yang disampaikan baik oleh Pak Sekjen maupun oleh inspektorat DPR, kami semua sepakat di BURT, jadi tidak ada yang tidak sepakat, termasuk Pak Sekjen juga sepakat bahwa pengadaan gorden untuk rumah jabatan anggota DPR RI tahun 2022 tidak dilanjutkan," kata Johan.

Sebelumnya, anggaran sebesar Rp48,7 miliar untuk pengadaan gorden. Dia menjelaskan, dana tersebut dialokasikan untuk 505 unit rumah anggota dewan.

Pengadaan ini dilakukan lantaran banyak gorden di rumah dinas anggota DPR RI yang sudah tidak layak pakai.

"Gorden bukan untuk 1-2 rumah, tapi 505 rumah dengan 11 item di setiap rumah," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Indra menjelaskan, anggaran gorden berasal dari APBN 2022. Namun, jumlahnya hanya cukup untuk 505 unit rumah anggota dewan. Dengan rata-rata gorden satu unit rumah sebesar Rp80-90 juta.

"Di tahun 2022 ini baru didapatkan alokasi anggaran penggantian gorden dan hanya anggaran ini hanya bisa dialokasikan untuk 505 unit rumah. Hanya untuk 505 unit rumah itu per rumahnya rata rata sekitar Rp 80 juta sekian sama pajak Rp 90 jutaan per rumah," papar Indra.

Dari jumlah anggaran tersebut, nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan gorden di 11 ruangan per rumah. Rinciannya, jendela, ruang tamu, dua pintu jendela ruang keluarga, tiga jendela ruang kerja, empat ruang tidur utama, lima jendela dapur, enam jendela tangga.

Belakangan diketahui, tender pengadaan gorden untuk rumah dinas anggota dewan tersebut dimenangkan oleh PT Bertiga Mitra Solusi yang melakukan penawaran tertinggi seharga Rp43,5 miliar.

Rekomendasi