Persiapan Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Kepolisian Siapkan Hampir Seribu Personel dan Rekayasa Lalu Lintas

| 20 May 2022 18:58
Persiapan Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Kepolisian Siapkan Hampir Seribu Personel dan Rekayasa Lalu Lintas
Adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (istimewa)

ERA.id - Polresta Solo menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Graha Saba Buana saat pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Untuk kegiatan ini juga akan disiapkan 758 personel untuk pengamanan.

Rencananya acara pernikahan akan dilangsungkan pada Kamis (26/5/2022). Terkait hal ini akan ada pengamanan gabungan dari kepolisian, TNI, personel Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

”Ada sebanyak 758 personel yang kami terjunkan. Nanti juga ada gabungan dari TNI, Satpol PP dan Dinas perhubungan juga. Tapi untuk pengamanan VVIP dilakukan oleh unsur TNI,” kata Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Jumat (20/5/2022).

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan yakni pengalihan arus untuk kendaraan besar yang awalnya melintas di Jalan Letjen Suprapto depan Graha Saba Buana.

”Sehingga mengurangi beban lalu lintas di jalan Letjen Suprapto,” katanya.  

Kendaraan berat akan dialihkan sejak dari jalan Ahmad Yani. Sehingga kendaraan berat tidak berbelok ke kiri dan tetap lurus di Jalan Ahmad Yani lurus ke Terminal Tirtonadi, dan berbelok di Jembatan Keris dan diarahkan ke Palang Joglo.

”Jadi beban lalu lintas di depan Graha Saba bisa berkurang,” ucapnya.

Rekayasa lalu lintas ini juga diberlakukan untuk kendaraan kecil yang melintas di jalan Letjen Suprapto. Sistem one way akan diberlakukan dari arah selatan ke utara mulai dari simpang sate dahlan. Sehingga ketika tidak menuju ke Graha Saba, kendaraan akan dialihkan ke jalan Ki Mangun Sarkoro dan tembus ke simpang lima Komplang.

”Jadi sejak di Sate Dahlan sudah kami berlakukan one way,” katanya.

Sementara untuk kantong parkir, akan ada sembilan titik yang disiapkan. Sehingga nanti akan diberlakukan sistem drop in pada para tamu. Semua pengantar hingga ke pagar pintu masuk Graha Saba.

”Pengantar menurunkan tamu undangan di pintu masuk Graha Saba kemudian mobil diarahkan ke sembilan kantong parkir yang kami siapkan. Semua diberlakukan pada hari H. Semua kita pastikan lagi dalam Rakor Pamwil yang kita lakukan di Makorem,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Hari Prihatno mengatakan telah berkoordinasi dengan kepolisian terkait rekayasa lalu lintas di Graha Saba Buana pada 26 mei 2022 mendatang. Ada beberapa titik parkir yang akan digunakan.

”Nanti di Sumber, belakang SPBU Ki Mangun Sarkoro, Banyuanyar di belakang sekolah. Untuk dua lapangan, yakni lapangan Sumber dan Banyuanyar tidak bisa digunakan. Makanya kami alihkan di sekolah,” katanya.

Rekomendasi