Kembali Kunjungi Balekambang, Jokowi Ingin Hidupkan Kembali Seni dan Budaya Usai Pandemi

| 27 May 2022 06:05
Kembali Kunjungi Balekambang, Jokowi Ingin Hidupkan Kembali Seni dan Budaya Usai Pandemi
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Balekambang, Solo dengan didampingi putra sulungnya yang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Solo, Kamis (26/5/2022). (Foto Dokumentasi Humas Pemkot Solo)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menyempatkan berkunjung ke beberapa lokasi di kota Solo di sela kegiatannya menghadiri pernikahan adiknya Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Kamis (26/5/2022). Dalam kunjungannya ini Jokowi ingin menggeliatkan kembali seni dan budaya yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Pagi hari ini saya berkunjung ke Balekambang, Kota Solo dalam rangka melihat geliat aktivitas para seniman, utamanya seniman rakyat," kata Jokowi saat di Balekambang.

Baik wayang orang, ketoprak maupun seni tradisional lainnya vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Sehingga dengan kondisi saat ini yang sudah lebih membaik, ia berharap aktivitas kesenian bisa dimulai kembali.

”Seni tradisi, reog, seniman rakyat. Saya kira kita harus menghidupkan kembali dalam rangka merawat dan memelihara seni budaya kita. Saya rasa itu,” ucapnya.

Dengan direvitalisasinya Taman Balekambang ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi seni dan budaya di Indonesia. "Utamanya agar seni  dan tradisi itu tetap hidup," katanya.

Ia juga berjanji akan mendorong semua hal baik yang berkaitan dengan seni kebudayaan. ”Pemerintah pusat akan mendorongnya,” katanya.

Sebagai informasi, Balekambang merupakan salah satu aset dari Pemkot Solo yang rutin mengadakan pertunjukan kesenian wayang orang. Beberapa waktu terakhir pemerintah mewacanakan untuk merevitalisasi bangunan ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sempat berkunjung ke lokasi untuk meninjau tingkat keparahan. Bahkan revitalisasi Taman Balekambang menjadi salah satu proyek prioritas dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Rekomendasi