5 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable dan Ramah bagi Wisatawan

| 11 Dec 2022 15:03
5 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable dan Ramah bagi Wisatawan
Patung Slamet Riyadi Solo (Wikipedia)

ERA.id - Terdapat beberapa tempat wisata di Solo yang instagramable dan menarik untuk Anda kunjungi. Kira-kira di mana saja? Mari simak selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ERA sajikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo:

Tempat Wisata di Solo yang Instagramable

  1. Museum Batik Danar Hadi

    House of danarhadi (danarhadibatik)

Rumah Danar Hadi dengan bangga memperkenalkan Kompleks Cagar Budaya Terpadu yang diperuntukkan menjadi objek wisata kota Surakarta. Museum ini didirikan untuk melestarikan dan memajukan seni batik di Indonesia sebagai bagian dari warisan budaya bangsa.

Pusat wisata terpadu ini akan meningkatkan daya tarik yang dapat ditemukan di kota Jawa Tengah, dengan pengunjung dapat menikmati sekali lagi bangunan cagar budaya nDalem Wuryoningratan, yang dibangun pada akhir abad ke-19 yang sudah dipugar oleh House of Danar Hadi.

di Museum Batik Anda dapat menyaksikan perkembangan batik di Indonesia, proses penciptaan tekstil batik dan kemunculannya sebagai bagian dari gaya hidup kontemporer.

  1. Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan salah satu dari beberapa candi yang dibangun di lereng barat laut Gunung Lawu pada abad ke-15. Saat ini, agama dan seni Jawa telah menyimpang dari ajaran India yang sangat berpengaruh pada gaya candi selama abad ke-8 hingga ke-10.

Terdapat 3 teras yang mana yang pertama dari gapura paling bawah dan yang ketiga paling tinggi dimana candi induk berada. Candi ini sangat unik, Anda bisa melihat beberapa organ reproduksi manusia yang membuat candi ini disebut erotis. Menariknya adalah sepintas candi Sukuh terlihat seperti piramida Aztec.

  1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh keponakan Raja Pakubuwono II setelah perebutan kekuasaan yang sengit. Menariknya istana yang lebih kecil ini masih didiami dan menjadi tempat wisata.

Istana Mangkunegaran menjadi tempat nongkrong orang-orang ketika ingin menyaksikan Gamelan dan melihat tarian tradisional Jawa. Istana ini indah dan dikelola dengan baik dan juga terdapat museum. Tips: bawa kaos kaki Anda jika tidak ingin berjalan dengan kaki telanjang, karena bagian dari museum tidak diperbolehkan mengenakan sepatu.

  1. Taman Balekambang

    Taman Balekambang (Twitter)

Taman Balekambang terletak sedikit di luar pusat kota, namun karena lalu lintas Solo tidak padat sehingga mudah untuk sampai kesana menggunakan layanan transportasi online.

Di Taman Balekambang tidak ada tiket masuk dan memiliki tanaman hijau yang indah. Bangku terletak di sekitar taman dan ideal bagi piknik keluarga karena ada rumput dan perahu di sekitar kolam.

Selain itu, terdapat angsa, kalkun dan rusa yang berkeliaran sehingga Anda dapat selfie dengan mereka dengan mudah. Kemudian dengan mengeluarkan uang Rp5 ribu Anda dapat menyaksikan beberapa hewan menarik lainnya.

Di dekat kolam Balekambang akan terlihat ramai pada malam hari atau akhir pekan. Tips: bawalah air minum dan jas hujan untuk berjaga-jaga ketika hujan tiba.

  1. Loji Gandrung

Loji Gandrung adalah Itu rumah Johannes Augustinus Dezentje, seorang pemilik perkebunan Belanda. Rumah tersebut dibangun pada tahun 1830. Menariknya tempat ini gratis untuk pengunjung.

Loji Gandrung yang memiliki tampilkan model bangunan lama ala eropa, kini digunakan sebagai  rumah dinas Walikota Surakarta. Kemudian  saat CFD para pengunjung bisa memasuki beberapa area untuk mengenal lebih dekat bangunan dan sejarahnya.

Selain tempat wisata di solo yang instagramable, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi