Keluarga Ridwan Kamil: Kami Yakin Eril Meninggal Secara Syahid

| 03 Jun 2022 10:12
Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Pihak keluarga meyakini Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan atau Eril wafat dalam keadaan syahid sesuai syariat islam.

Paman Eril yang merupakan kakak dari Ridwan Kamil Erwin Muniruzaman mengatakan saat kejadian, Eril sempat memastikan keselamatan orang-orang yang disayanginya.

"Di dalam aktivitas berenang ini, dari kesaksian keluarga kami, eril menunjukkan tanggung jawabnya, dengan memastikan bahwa yang ikut aktivitas tersebut dipastikan keselamatannya, sehingga memang yang diizinkan Eril, itu memang bersama Eril itu hanya 3 dan emmastikan bahwa posisi formasi berenangnya itu memungkinkan Eril memastikan keselamatan yang lain, sehingga dari keseluruhan peristiwa ini, kami sekeluarga berprasangka baik, Insya Allah Eril wafat dalam keadaan Husnul Chotimah dan memenuhi kriteria riawayat hadis nabi ornag tenggelam dengan kriteria tertentu dinyatakan sebagai syahid akhirat," jelasnya

Erwin menyatakan menyatakan dinyatakan meninggal menurut syariat pencarian tetap dilakukan, namun status pencarian berubah, bukan lagi pencarian orang hilang, melainkan pencarian jenazah.

"Setelah kami berkonsultasi dengan ulama di Indonesia, lalu keponakan kami Eril dinyatakan wafat, pencarian dilakukan oleh kepolisian Swiss dimana menggunakan anjing pelacak yang memiliki keahlian mencium aroma tertentu melihat status pencarian merupakan pencarian jenazah, bukan orang hilang," papar Erwin di Gedung Pakuan, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

Erwin mengatakan, setelah dinyatakan wafat akan dilaksanakan Salat Ghaib yang dilakukan oleh lingkungan keluarga dan pemerintahan.

"Kami sekeluarga khususnya Bapak Ridwan Kamil dan Istri berusaha untuk sangat ikhlas menerima kepergian Eril, namun kami juga masih punya harapan agar Eril bisa kembali di tengah keluarga kami," ungkap Erwin.

Rekomendasi