Bentuk Koalisi Lebih Awal dengan PPP dan PAN, Golkar Klaim Tetap Kawal dan Sukseskan Pemerintahan Jokowi

| 05 Jun 2022 09:25
Bentuk Koalisi Lebih Awal dengan PPP dan PAN, Golkar Klaim Tetap Kawal dan Sukseskan Pemerintahan Jokowi
Airlangga Hartarto (Dok Partai Golkar)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap akan mendukung dan mensukseskan pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga tuntas. Hal ini merupakan komitmen bersama dari tiga partai pendiri KIB yaitu Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam acara Silaturahmi Nasional KIB di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (4/6/2022)

"Koalisi Indonesia Bersatu memiliki komitmen untuk mendukung, mengawal, mensukseskan pemerintahan bapak Presiden Joko Widodo," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, meskipun telah membentuk KIB, namun persahabatan dengan partai politik koalisi pemerintahan Presiden Jokowi, seperti PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai NasDem tetap terjalin dengan baik.

Adapun Golkar, PAN, dan PPP saat merupakan partai politik koalisi pemerintahan Presiden Jokowi.

"Kami memiliki komunikasi yang baik dengan partai politik pendukung pemerintah lainnya seperti PDI Perjuangan, Gerindra dan NasDem," kata Airlangga.

"Ketiga partai tetap sahabat perjuangan untuk kesuksesan dan keberhasilan pemerinahan Presiden Joko Widodo," tambahnya.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu menambahkan, sebagai bagian dari partai politik koalisi pemerintahan, banyak prorgam kerja yang berhasil dicapai di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Kami menyadari bahwa telah banyak yang dicapai oleh kinerja pemerintahan di bawah kepimpinan bapak Presiden Joko Widodo," kata Airlangga.

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu dapat mengganggu kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sebab, dua ketua umum partai politik yang membentuk KIB, yaitu Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Suharso Monoarfa merupakan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Rekomendasi