Bocoran Kriteria Bakal Capres 2024 dari NasDem: Ganteng, Sesuai Aspirasi Rakyat, Bukan Kader Internal

| 17 Jun 2022 17:00
Bocoran Kriteria Bakal Capres 2024 dari NasDem: Ganteng, Sesuai Aspirasi Rakyat, Bukan Kader Internal
Surya Paloh (Antara)

ERA.id - Sekretaris Steering Committee Rakernas NasDem Willy Aditya membocorkan kriteria tiga nama bakal calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pilpres 2024. Menurutnya, ketiga nama tersebut merupakan putra putri terbaik Indonesia, ganteng, dan sesuai aspirasi rakyat.

Diketahui, DPP NasDem telah menetapkan tiga nama bakal capres, setelah sebelumnya mendengarkan usulan dari 34 DPW. Tiga nama itu nantinya akan direkomendasikan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Kriterianya pasti yang hebat-hebatlah, yang baik-baiklah, yang ganteng, yang cakep, yang luar biasa dan ini persembahan Partai NasDem putra putri terbaik untuk rakyat Indonesia dan sebangun dan sesuai dengan aspirasi yang berkembang di tengah-tengah rakyat semua," kata Willy di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Selain itu, Willy memastikan Partai NasDem tidak mengusung calon dari lingkup internal partai. Ketiga calon tersebut dipastikan merupakan kader terbaik.

"NasDem kali ini tidak mengusung calon internal. Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia," kata Willy.

Willy mengaku Surya Paloh memberikan kebebasan kepada panitia Rakernas NasDem untuk memutuskan siapa-siapa saja tokoh yang akan direkomendasikan.

"Kami sudah berkonsultasi dengan Pak Surya Paloh sebelum melakukan (mengambil keputusan). Pak Surya bilang, ya kalian putuskan saja, silahkan. Itu keputusan SC, keputusan Rakernas, nanti dibacakan saja, kata Pak Surya," ucap Willy.

Sebagai informasi, Partai NasDem menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JCC, Senayan selama tiga hari mulai 15-17 Juni 2022.

Salah satu agendanya yaitu konsolidasi internal dan mendengarkan usulan bakal capres 2024 dari 34 DPW. Hasilnya, nama nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo paling banyak diusulkan. Selain itu ada pula nama-nama di luar Partai Politik seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Usulan dari DPW itu kemusian diplenokan untuk mencari tiga nama. Setelah itu, hasilnya akan diserahkan kepada Surya Paloh untuk diputuskan satu nama capres yang akan diusung Partai NasDem pada Pilpres 2024.

Rekomendasi