Ditunjuk Jadi Ketua INASPOC, Gibran Konsultasi ke Erick Thohir

Tim Editor

Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai ketua Indonesian ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc) 2022. Terkait penunjukan ini, Gibran menyempatkan berkonsultasi secara khusus dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang sempat sukses menjadi ketua Indonesian Games Organizing Comittee (Inasgoc) pada 2018 lalu.

Gibran menyempatkan mengunjungi Erick Thohir pada Kamis (23/6/2022) kemarin. Ia mengakui mendapat banyak masukan dari Erick terkait persiapan ini.

"Kemarin ketemu Pak Erick, Pak Hari Tanoe juga. Bicarakan para games," katanya.

Ia mengakui mendapat banyak masukan dari Erick terkait persiapan APG 2022. Apalagi selama pelaksanaan Asian Games 2018 lalu, Erick Thohir dianggap sukses sebagai ketua penyelenggara.

"Apalagi beliau kan sudah sukses dengan Asian Games kemarin," katanya.

Gibran bahkan meminta bantuan Erick sebagai Menteri BUMN untuk membantu melobi Angkasa Pura, PLN dan Telkom untuk mendukung penyelenggaraan APG 2022 yang akan digelar di Solo.

"Pak Menteri siap membantu. Senin kami rapat lagi," katanya.

Menurut Gibran, pelaksanaan APG 2022 kali ini tidak semudah penyelenggaraan event pendidikan lainnya. Sebab saat ini APG hanya mendapat anggaran Rp375 miliar saja. Bahkan Perpres untuk penunjukan dirinya sebagai ketua Inaspoc 2022 baru ditandatangani pada 17 Juni 2022 lalu.

"Bedanya budget kami di Para Games 2022 minim, Rp 375 miiliar saja. PON (Pekan Olahraga Nasional) saja dapat berapa T (triliun)," katanya.

Meski menemui banyak kendala, Gibran optimis kegiatan ini berlangsung dengan baik. Termasuk jika ada kekurangan dalam urusan sponsor, dia siap mencarikan.

"Tapi nggak apa-apa, yang kurang saya carikan sponsor. Ada BUMN, ada swasta. Kalau merujuk ke pertemuan kemarin masih kurang," katanya.

Tag: gibran rakabuming erick thohir

Bagikan: