Berduka Atas Meninggalnya MenPAN-RB, Jokowi: Pak Tjahjo Berpulang di Puncak Pengabdiannya

| 01 Jul 2022 16:12
Berduka Atas Meninggalnya MenPAN-RB, Jokowi: Pak Tjahjo Berpulang di Puncak Pengabdiannya
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo berduka atas berpulangnya salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita yang dalam atas berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo di Jakarta," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitter pribadinya, @jokowi.

Jokowi mengenang Tjahjo Kumolo sebagai tokoh pemuda dan politisi andal. Dia mendoakan agar Tjahjo diterima di sisi Tuhan.

"Alm. adalah seorang tokoh pemuda dan politisi yang berpulang di puncak pengabdiannya sebagai Menteri PANRB," kata Jokowi.

"Semoga segala amal ibadah alm. diterima oleh Allah SWT," imbuhnya.

Saat ini, Jokowi tengah berada di Abu Dhabi dalam rangka kunjungan luar negeri. Belum diketahui, apakah Jokowi akan segera kembali ke Tanah Air atau tidak.

Dikabarkan sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7/2022).

Putri kandung Tjahjo, Ajeng mengatakan, ayahnya sudah telah dirawat secara instensif di RS Abdi Waluyo sekitar dua pekan. Namun dia tak mau mengungkapkan apa penyakit yang didertita ayahnya.

"Dua minggu lebih dirawat," kata Ajeng.

kabar Tjahjo sakit sudah terdengar sejak PDIP menggelar Rakernas pada pekan lalu.

Tjahjo adalah kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen.

Dia mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Rekomendasi