Usulkan 4 Isu Prioritas di Y20, Anies Baswedan: Hasilnya Nanti Diteruskan Kepada Presiden Jokowi

| 02 Jul 2022 17:08
Usulkan 4 Isu Prioritas di Y20, Anies Baswedan: Hasilnya Nanti Diteruskan Kepada Presiden Jokowi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan paparannya pada acara Urban20 Sherpa Meeting (Dok. Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan empat isu prioritas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) 2022. Y20 merupakan bagian dari rangkaian presidensi G20.

"Saya berharap, ada beberapa isu yang mudah-mudahan nanti bisa dibahas (di KTT Y20)," ujar Anies dalam konferensi pers Y20 secara daring, Sabtu (2/7/2022).

Keempat isu prioritas tersebut diantaranya yaitu, terkait dengan transformasi digital. Menurut Anies, tengah ramai diperbincangkan di kalangan anak muda. Sehingga penting memasukan isu tersebut dalam KTT Y20.

Kedua, terkait dengan planet yang bekelanjutan dan layak huni. Ketiga, isu ketenagakerjaan kepemudaan. Terakhir, mengenai keberagaman dan persatuan.

"Bagaimana membangun persatuan di dalam keberagaman yang ada di seluruh dunia," kata Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu juga beraharap, hasil yang dicapai dalam KTT Y20 nantinya bisa diteruskan kepada Presiden Joko Widodo selaku pemipim presidensi G20.

Nantinya, Presiden Jokowi juga diharapkan bisa meneruskan pemikiran para pemuda yang ikut terlibat dalam KTT Y20 kepada pemimpin G20 lainnya.

"Kita berharap teman-teman dari Y20 nantinya akan bisa menghasilkan komunike yang diteruskan kepada Presiden (Jokowi) sebagai pemimpin G20," kata Anies.

"Para pemuda adalah pemilik masa depan. Dan apa yang nanti mereka katakan itu perlu dipikirkan secara serius oleh para pemimpin kita," imbuhnya.

Sebagai informasi, Y20 merupakan salah satu event dalam rangkaian presidensi G20 di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Y20 merupakan forum bagi para pemuda, sebagai pemimpin masa depan, untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Perhelatan Y20 akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

Nantinya, setiap negara anggota G20 akan mengirimkan paling tidak empat orang, dengan total lebih dari 80 delegasi.

Rekomendasi