Istimewa! Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban untuk Jogja, Provinsi Lain Cuma Seekor

| 08 Jul 2022 18:42
Istimewa! Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban untuk Jogja, Provinsi Lain Cuma Seekor
Sapi kurban Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Tujuh ekor sapi kurban pemberian Gubernur dan Wakil Gubernur DIY serta dua ekor sapi kurban pemberian Presiden Joko Widodo, telah didistribusikan ke sembilan lokasi di wilayah DIY, Jumat (8/7) pagi. Agenda ini digelar untuk memperingati Idul Adha 2022/1443 Hijriah.

Dua sapi pemberian Presiden Jokowi didistribusikan ke dua lokasi yakni Istana Kepresidenan Yogyakarta dan Masjid Al-Fatah, Randusari, Argomulyo, Cangkringan, Sleman. Untuk Istana Kepresidenan, sapi kurban yang diberikan berjenis sapi jawa berwarna putih seberat 850 kilogram.

Sementara, sapi untuk Masjid Al-Fatah merupakan jenis sapi berangus berwarna hitam seberat 1,07 ton dan merupakan jenis khusus karena termasuk kategori sapi impor Australia seharga sekitar Rp120 juta. Staf ahli Gubernur DIY, Maladi, menyampaikan pesan Gubernur DIY yang mengharapkan pemberian sapi tak hanya dimaknai sebagai kurban saja.

"Pesannya Gubernur DIY, ini juga ada unsur sosialnya, tidak hanya kurban, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Cangkringan dan sekitarnya," ungkap dia usai menyerahkan sapi kurban.

Ia menambahkan, DIY merupakan satu-satunya provinsi yang menerima dua sapi kurban dari Presiden. "Setiap tahunnya, presiden selalu memberikan satu. Kebetulan tahun ini dua, sementara provinsi lain tetap satu," katanya.

Maladi berharap, pada tahun berikutnya, seluruh masjid yang berada di kabupaten/kota di DIY bisa mendapatkan sapi bantuan presiden. "Hanya saja waktunya yang akan bergiliran," tambahnya.

Maladi menegaskan, sapi kurban pemberian presiden sudah dipastikan kesehatannya. "Untuk sapi ini sudah melalui proses cek kesehatan dari dinas terkait. Ini dipilih karena sehat. Tadi (kemarin) sore sudah dicek lagi dan ini alhamdulillah termasuk yang sehat," kata Maladi.

Ia juga menyebut bahwa penyembelihan dan penyaluran daging hewan kurban diharapkan dapat berbagi kebahagiaan kepada seluruh masyarakat di DIY.

Mengingat masih adanya pandemi Covid-19, penyerahan hewan kurban yang biasanya dilakukan di Kompleks Kepatihan akan diserahkan melalui perwakilan pemerintah daerah ke masjid yang ditunjuk.

Takmir Masjid Al-Fatah Subarno, mengatakan rasa syukurnya atas pemberian sapi dari Presiden Joko Widodo. "Senang tak terhingga, karena hari ini masyarakat Randusari bisa menerima sapi," jelasnya.

Melalui pemberian hewan kurban dari Presiden ini, masyarakat sekitar Randusari yang kebanyakan berprofesi sebagai buruh dan pemahat nisan, dapat merayakan Hari Raya Haji dengan lebih suka cita.

Penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada Minggu (10/7) selepas salat Idul Adha di halaman Masjid Al-Fatah. Setelah seremonial penyerahan, sapi tersebut dirawat dan dikelola warga hingga tiba saat penyembelihan.

"Selanjutnya, daging sapi tersebut akan dibagikan kepada warga desa sebanyak 250 kepala keluarga yang tergabung dalam 2 RW dan 5 RT," ujarnya.

Rekomendasi