Setelah Paris, Gibran Bakal Pamerkan UMKM Solo di Korsel: Yang Dipilih Negara-negara Bagus

| 16 Jul 2022 23:02
Setelah Paris, Gibran Bakal Pamerkan UMKM Solo di Korsel: Yang Dipilih Negara-negara Bagus
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana kembali mengenalkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke luar negeri. Setelah di Paris, Perancis bulan lalu, kali ini Gibran akan berencana membawa UMKM ke Korea Selatan.

Hal ini disampaikan Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Sabtu (16/7/2022). Ia mengatakan jika konsep untuk pameran UMKM di Korea Selatan telah matang.

”Konsepnya sudah matang,” kata Gibran.

Rencananya untuk pameran ini Gibran juga akan berencana menggandeng perusahaan berbasis marketplace, Shopee. Keduanya telah melakukan pertemuan untuk membahas hal ini pada Kamis (14/7/2022) lalu.

”Ketemu Shopee kan mbahas itu,” ucapnya. Sebelumnya, pameran UMKM di Le BHV Marais, Paris, Perancis, Pemkot Solo juga bekerjasama dengan Shopee dan Kedutaan Besar Indonesia di Perancis.

Namun sayangnya, Gibran enggan membahas lebih jauh terkait konsep yang akan diusung di Korea Selatan. ”Ojo saiki sik (jangan sekarang dulu),” katanya.

Terkait pameran ini, Gibran berencana meminta dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk acara ini. ”Biar yang ikut lebih banyak. Kalau kemarin (di Paris) saya kan berangkat sendiri. UMKM Solo aja, Mas Eko Pece aja, saya ndak dikira mendominasi. Kan saya inginnya rame-rame,” katanya.

Menurutnya alasan dipilihnya Korea Selatan sebagai salah satu negara sasaran pameran karena saat ini industri fashion dan musik di negara tersebut sedang maju. Hal inilah yang membuat Gibran tertarik untuk memamerkan potensi kekayaan kota Solo ke Korea Selatan.

”Korea Selatankan fashion dan musiknya baik, yang tak pilih negara-negara bagus,” katanya.

Di samping itu Gibran mengungkap jika pameran di Paris, Perancis akan terus berlanjut. Akan ada rangkaian acara yang digelar sebagai follow up acara bulan Juni lalu.

”Ada di Korsel bukan berarti yang Paris tak tinggalkan. Ada rangkaian acaranya, follow up kemarin, nanti ada lagi,” katanya.

Rekomendasi