Usai Pulang dari Paris, Gibran Janjikan Bakal Pamerkan UMKM Solo di Negara Lain

| 14 Jun 2022 06:30
Usai Pulang dari Paris, Gibran Janjikan Bakal Pamerkan UMKM Solo di Negara Lain
Tangkapan layar saat Gibran membuka pameran UMKM di Paris, Perancis pekan lalu (tangkapan layar)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali pulang dalam kunjungan kerjanya di untuk menghadiri pameran di Le BHV Marais, Paris, Perancis pekan lalu.

Sekembalinya dari pameran ini, Gibran menargetkan untuk menggelar pameran serupa di negara lain untuk mengenalkan khasanah budaya Jawa khususnya Kota Solo.

Hal ini disampaikan Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (13/6/2022). "Tahun depan ada terus (pameran di luar negeri)," kata Gibran.

Ia mengatakan akan ada pameran lanjutan di beberapa negara. Hanya saja Gibran enggan menjelaskan lebih jauh negara mana saja yang akan dituju.

"Ada yang nyiapin beberapa negara. Tenang saja, sudah saya siapkan terus," katanya.

Untuk pameran lanjutan ini Gibran tetap akan menggandeng wirausaha dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). "Iya, harus UMKM. Sudah tak siapkan," katanya.

Gibran mengklaim pameran yang dilaksanakan di Paris ramai dikunjungi. Sayangnya, saat ditanya terkait dengan jumlah data, ia mengaku belum mendapat laporan.

"Nanti tak lihat dulu datanya. Tapi kemarin kan saya di mal terus. Pas saya pulang ada workshop membatik, keroncong juga, malah tambah ramai pas saya tinggal," katanya.

Ia mengaku banyak pengunjung yang merupakan diaspora atau warga Indonesia yang bermukim di Paris.

Namun ada pula warga asli Perancis yang turut menyaksikan pameran ini. Tak hanya saat pembukaan, namun juga saat pameran berlangsung.

Dalam kunjungan kerjanya Gibran juga bertemu dengan beberapa pihak. Di antaranya dari UNESCO dan pimpinan Moet Hennesy Louis Vuitton (LVMH). Sayangnya ia tak menjelaskan lebih jauh jenis kerjasamanya.

"Ya kemarin ketemu dengan UNESCO dan LVMH. Tapi jangan buru-buru dulu," ucapnya.

Tags : solo
Rekomendasi