Pergi ke Paris, Gibran Pamerkan Produk UMKM Asli Solo

| 07 Jun 2022 21:14
Pergi ke Paris, Gibran Pamerkan Produk UMKM Asli Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Duta Besar RI untuk Perancis (Dok Humas Pemkot Solo)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melakukan perjalanan dinas ke Paris, Perancis.

Kepergiannya ke negara yang terkenal dengan menara Eifel ini untuk memamerkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan kota Solo di pusat perbelanjaan Le BHV Marais.

Pameran dijadwalkan berlangsung pada selama satu pekan dari 8-15 Juni 2022. Gibran ingin mengenalkan batik Indonesia, khususnya Solo di mata dunia.

"Kami membawa batik motif yang berbeda-beda. Besok akan kami kenalkan kenapa ini motifnya berbeda," kata Gibran dalam talkshow ‘Buah Karya Bangsa di Paris’ yang disiarkan kanal YouTube Gibran TV.

Ia menjelaskan setiap motif dan warna dari batik yang dibawanya memiliki filosofi sendiri-sendiri. Hal inilah yang membuat batik menjadi sangat kaya.

Ia berharap warga Perancis maupun turis yang sedang ada di Paris tersebut bisa menerima produk-produk UMKM dari kota Solo ini. Apalagi Paris sebagai kota yang terkenal menjadi pusat mode dunia.

"Untuk memamerkan produk kami ini, kami punya waktu sebulan, itu waktu yang cukup lama," katanya.

Dengan pameran ini Gibran juga ingin mengenalkan kota Solo pada warga Paris. Sehingga mereka dapat tertarik dan berkunjung ke kota Solo.

"Harapannya mereka  juga bisa mengeksplor lagi apa yang dipunyai kota Solo," ucapnya.

Dalam pameran ini ada sebanyak 1.200 produk UMKM asal kota Solo yang dipamerkan di Le BHV Marais. Selain produk UMKM, hal lainnya yang dikenalkan dari Solo yakni pagelaran budaya. Pagelaran ini akan menjadi pembuka dalam pameran.

Duta Besar RI untuk Perancis, Andorra, Monako dan Unesco Mohamad Oemar mengatakan bahwa tidak sembarang produk yang bisa dikenalkan di Le BHV Marais. Sebab tim dari BHV Marais memiliki ahli kurasi.

"Jadi bukan hanya tim pemasaran saja. Mereka punya ahli riset pasar, ahli bidang tertentu yang ditampilkan, misalnya fashion, karya lukis atau kerajinan tangan. Jadi mereka yang bisa memastikan apakah produknya bisa diterima publik Perancis atau tidak," katanya.

Selain pameran, akan ada workshop membatik juga yang ditampilkan. Hanya saja workshop ini tersedia di akhir pekan saja.

Tags : gibran paris
Rekomendasi