Alasan BRIN Renovasi Ruang Kerja Dewan Pengarah: Dari Bekas Eks Kepala BPPT Masih Pakai Ruangan Sementara

| 17 Jul 2022 14:02
Alasan BRIN Renovasi Ruang Kerja Dewan Pengarah: Dari Bekas Eks Kepala BPPT Masih Pakai Ruangan Sementara
Genomik, Laboratorium Baru Biologi Molekuler BRIN (Dok. BRIN)

ERA.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan alasan pihaknya membuat proyek renovasi ruang kerja Dewan Pengarah yang memakan anggaran hingga Rp6,1 miliar.

Kepala Biro Komunikasi Publik Umum dan Kesekretariatan BRIN Driszal Friyantoni menjelaskan, renovasi dilakukan untuk seluruh lantai 2 Gedung BRIN di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Sebab, dulunya, di situ merupakan ruangan milik mantan kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Perlu saya informasikan, biaya Rp6,1 miliar adalah biaya renovasi seluruh lantai 2 yang sebelumnya merupakan ruang kerja eks Kepala BPPT," kata Driszal kepada ERA.id, Minggu (17/7/2022).

Di ruangan bekas milik mantan kepala BPPT itu, menurut Driszal terdapat beberapa ruangan lain seperti ruang makan hingga ruang tidur. Ruangan itu nantinya akan dijadikan ruang kerja untuk 10 anggota Dewan Pengarah BRIN.

"Sebelumnya, di lantai 2 tersebut memang sudah ada kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, ruang tamu, ruang rapat dan ruang kerja eks kepala BPPT," kata Driszal.

"Lantai 2 tersebut akan kami renov menjadi ruang kerja-ruang kerja untuk semua Dewan Pengarah yang berjumlah 10 orang," imbuhnya.

Di samping itu, Dewan Pengarah BRIN memang memerlukan ruangan sendiri. Sebab hingga saat ini seluruh dewan pengawas masih menempati ruangan sementara di lantai 23.

"Saat ini kami masih menggunakan ruangan sementara untuk anggota dewan pengarah di lantai 23. Jadi nanti semua anggota wanrah (Dewan Pengarah) dapat menempati ruangan-ruangan yang kami siapkan di lantai 2 setelah renov selesai," kata Driszal.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan situs lpse.brin.go.id yang dikutip pada Minggu (17/7), diketahui akan ada tender untuk proyek renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN.

Dalam laman LPSE tersebut, paket tersebut memiliki kode 7167760 dengan nama tender 'Jasa Konstruksi Renovasi Ruang Kerja Dewan Pengarah BRIN'. Proyek ini bakal dibiayai dari APBN dengan nilai pagu paket Rp6.109.000.000 dan nilai HPS (Harga Perkiraan Sendiri) Rp6.063.492.327.

"Tahun Anggaran APBN 2022. Nilai pagu paket Rp6.109.000.000. Nilai HPS paket Rp6.063.492.327," tulis rincian anggaran dari situs LPSE tersebut.

Pembukaan tender renovasi sudah dimulai sejak 27 Mei 2022. Terdapat 135 peserta tender.

Proses lelang tender pengerjaan ruang kerja Dewan Pengarah BRIN tersebut sampai saat ini sudah di tahap pengunduhan dokumen penawaran dari para peserta lelang. Penetapan pemenang lelang itu baru akan diumumkan pada tanggal 28 Juli 2022.

Rekomendasi