Prediksi Koalisi NasDem-PKS Akan Dukung Anies di Pemilu 2024, PDIP Tak Ingin 'Ganggu' Koalisi Parpol Lain

| 22 Jul 2022 08:14
Kantor DPP PDIP (Era.id)

ERA.id - PDI Perjuangan buka suara perihal peluang kerja sama dengan Partai NasDem untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Partai berlambang banteng itu mengaku tak ingin mengganggu rumah tangga partai politik lain, apalagi NasDem telah berkomunikasi intens dengan PKS dan Demokrat.

"Bagi PDI Perjuangan, kami ini tidak suka untuk menganggu rumah tangga partai politik lain. Kita melihat di situ bagaimana NasDem melakukan pertemuan yang sangat intens dengan partai politik lain," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Kamis (21/7/2022).

Hasto mengatakan, PDIP sangat menghormati langkah-langkah politik partai lain. Terlebih dalam beberapa pemberitaan antara NasDem dengan PKS sudah mengarah ke kerja sama politik.

"Itu yang dihormati PDI Perjuangan, suatu hal yang sangat bagus. Kami tidak ingin mengganggu suatu kemapanan dalam kerjasama yang sudah dibangun," kata Hasto.

Selain alasan itu, PDIP juga melihat kesamaan calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Hasto lantas menyinggung NasDem dan PKS yang saat ini terlihat preferensi politik untuk mendukung Anies Baswedan.

Alasan lainnya, saat ini PDIP lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara, serta mengedepankan semangat gotong royong. Oleh karenanya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan Ketua DPP Puan Maharani untuk melakukan komunikasi politik dengan seluruh partai di parlemen.

"Karena itu mbak Puan Maharani itu juga akan terus melakukan komunikasi politik, baik kapasitasnya sebagai ketua DPR, yang membangun komunikasi dengan seluruh fraksi dengan seluruh partai seluruh elemen politik," pungkasnya.

Rekomendasi