Fenomena Citayam Fashion Week, Menko PMK: Tampilkan yang Sesuai Kepribadian Bangsa

| 29 Jul 2022 13:25
Fenomena Citayam Fashion Week, Menko PMK: Tampilkan yang Sesuai Kepribadian Bangsa
Muhadjir Effendy (Dok. Kemensos)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta anak-anak muda yang mengikuti kegiatan Citayam Fashion Week (CFW) menonjolkan pakaian yang sesuai dengan budaya Indonesia.

"Jangan disalahgunakan, fashion-fashion yang memang tampil itu proporsional yang sesuai kepribadian bangsa, taat hukum, jangan menonjolkan yang justru itu bukan perilaku kebudayaan Indonesia," kata Muhadjir di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Muhadjir menilai, kegiatan CFW patut diapresiasi. Kreativitas anak-anak muda itu memang harus disalurkan dan tidak boleh disumbat.

Terkait dengan larangan menggunakan zebra cross di kawasan Dukuh Atas untuk kegiatan CFW, Muhadjir mengatakan harus ada alternatif tempat lain untuk mewadahi kegiatan tersebut.

"Kalau dari segi gagasan bagus, ide anak-anak muda harus disalurkan. Kalau tidak boleh (di Dukuh Atas) ya nanti cari tempat yang aman, yang lebih representatif. Tapi jangan sampai disumbat," katanya.

Muhadjir bahkan menawarkan kegiatan CFW digelar di zebra cross depan kantor Kemenko PMK di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Tapi dengan catatan harus tertib dan tidak melanggar lalu lintas.

"Sepanjang tertib dan tak langgar ketentuan soal peraturan lalu lintas ya silahkan saja. Di kantor (Kemenko) PMK sini juga boleh, itu pakai zebra cross depan PMK itu, boleh dipakai," kata Muhadjir.

Rekomendasi