Profil Azwar Anas, MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

| 07 Sep 2022 14:35
Profil Azwar Anas, MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo
Azwar Anas (Antaranews)

ERA.id - Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) masih kosong sejak meninggalnya Tjahjo Kumolo. Namun pada hari ini 7 September 2022, Presiden Joko Widodo mengangkat menteri yang baru. Berikut profil Azwar Anas MenPAN-RB yang baru.

Azwar Anas mantan ketua LKPP (Antaranews)

Perlu diketahui, sebelum dilantik jadi menteri Azwar Anas menjabat Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). Sebelumnya, Azwar juga merupakan mantan Bupati Banyuwangi periode 2010 hingga 2021.

Profil Azwar Anas, Pernah Kuliah di Fakultas Sastra

Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si. adalah pria kelahiran 6 Agustus 1973 yang sudah menjabat sebagai Kepala LKPP sejak 13 Januari 2022, dilansir Berita Lampung.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar juga pernah menjadi anggota MPR dan DPR.

Kehidupan masa lalu Azwar dibesarkan dalam lingkungan pesantren dengan didikan agama yang kuat. Azwar pernah masuk di beberapa sekolah yang berbeda di antaranya MI Karangdoro, Tegalsari pada tahun 1980 MI Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura pada tahun 1982-1983 dan masuk MI Kebunrejo Genteng pada tahun 1983 hingga 1986.

Menginjak remaja Azwar melanjutkan sekolah di SMP Negeri 1 Genteng pada tahun 1986 hingga 1988 dan pindah ke SMP Negeri 1 Banyuwangi pada tahun 1988 dan tamat pada tahun berikutnya.

Selanjutnya, Azwar hijrah ke Jember untuk melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 Jember dan tamat pada tahun 1992.

Azwar lalu melanjutkan kuliah di perguruan tinggi ia jalani di IKIP Jakarta (Fakultas Teknologi Pendidikan) dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Tidak berhenti disitu, Azwar melanjutkan program magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia dan ia selesaikan pada tahun 2005.

Di bidang keorganisasian keagamaan, Azwar pernah menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama masa bakti 2000 - 2003, setelah memenangi pemilihan ketua umum pada perhelatan Kongres IPNU di Makassar tahun 2000.

Pernah Jadi Anggota MPR Ketika Berusia 24 Tahun

Azwar pernah menjadi anggota MPR termuda yang dilantik saat usianya masih 24 tahun. Bahkan Ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk periode 1999-2004 namun gagal.

Kemudian Azwar pada pemilihan umum berikutnya ia berhasil menjadi anggota DPR untuk periode tahun 2004 hingga 2009 karena menggantikan anggota FKB yang meninggal dunia.

Azwar Anas adalah tokoh muda Nahdatul Ulama di Banyuwangi. Ia mendapatkan basis kekuatan dari para ulama dan simpatisan Nahdatul Ulama di Banyuwangi.

Dalam pemilihan bupati, setelah kampanye yang gencar pasangan Azwar Anas-Yusuf Widyatmoko dapat memenangkan pemilihan kepala daerah dan dilantik pada 21 Oktober 2010 di Gedung DPRD Banyuwangi.

Pada masa pemerintahannya bersama Yusuf Widyatmoko yang pertama ini meluncurkan berbagai program daerah. Berikut beberapa capaian Azwar Anas selama menjabat Bupati Banyuwangi:

●        Peresmian Bandar Udara Blimbingsari[6] (sekarang Bandara Internasional Banyuwangi)

●        Penyelenggaraan pendidikan gratis dan program pendukungnya seperti SAS (siswa asuh sebaya)

●        Pengadaan berbagai event seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen bersama dengan event-event lainnya yang dikemas dalam perayaan Banyuwangi Festival.

●        Perencanaan Wisata Banyuwangi yang berkonsep eco-tourism.

Selain profil Azwar Anas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi