Bukan Profesi Biasa, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat, di Atas UMR Jakarta

| 19 Oct 2022 19:05
Bukan Profesi Biasa, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat, di Atas UMR Jakarta
Marshaller pesawat (Twitter)

ERA.id - Gaji tukang parkir pesawat ternyata sungguh menggiurkan. Bagaimana tidak, sebagai pembanding Upah Minimum Rata-Rata (UMR) Jakarta pada tahun 2022 ini Rp4.641.854 dan gaji juru parkir pesawat bisa di atasnya.

Terkait dengan gaji tukang parkir pesawat, salah satu penulis Quora dengan nama Nana membagikan pengalamannya saat bekerja. Orang yang mengaku memiliki latar belakang pendidikan juru parkir pesawat terbang atau “marshaller” menjelaskan jika gaji yang diperoleh berkisar dari 5 hingga 6 juta per bulan. Nana juga menjelaskan jika gaji bisa masih bisa lebih tinggi.

Gaji Tukang Parkir Pesawat Tinggi, Prospek Cerah

Gaji mahrshaller pesawat cukup menggiurkan (Twitter)

Menurut Nana prospek kerja marshaller asik dan bagus. Ia juga mengaku, jika kurang tertarik dengan bidang-bidang yang umum disukai banyak orang seperti penerbang sayap tetap (pilot pesawat), penerbang sayap putar (pilot helikopter), petugas keamanan bandara (aviation security officer), pramugari/pramugara, atau bagian informasi.

Berprofesi sebagai juru parkir pesawat sebenarnya hanya memainkan hand signalling yang cukup mudah dipelajari. Nana bercerita jika dirinya mengikuti pendidikan di BP3 Curug  pada tahun 2018.

Pelatihan marshaller berlangsung selama 10 hari di fasilitas BP3 Curug dengan jumlah siswa di kelas yang tidak banyak, dikarenakan sebagian besar peminat pelatihan mengikuti kelas aviation security.

Nana adalah satu dari 3 siswa perempuan di angkatan marshaller BP3 Curug. Menariknya, hanya ada 16 siswa saja di angkatan tersebut. Menariknya lagi, programnya BP3 Curug tersebut gratis alias membebaskan biaya pendidikannya.

Pendidikan Tukang Parkir Pesawat di Curug

Pada hari ke 9 dan terakhir pendidikan akan diselenggarakan dua jenis ujian, yakni tertulis dan praktik. Ujian tertulisnya mengacu pada manual book yang diberikan di awal pelatihan yang sebagian besar isinya mengenai peraturan penerbangan di Indonesia dan juga ICAO Annexes.

Kemudian ujian prakteknya adalah memarkirkan pesawat sebanyak dua kali. Satu pemarkiran di lapangan, satu lagi pemarkiran secara virtual. Pesawat yang diparkirkan adalah pesawat sayap tetap dengan pilot dari siswa jurusan penerbang STPI.

Saat lulus pendidikan marshaller, kemudian akan ada sertifikat pelatihan yang diterbitkan oleh pihak BP3 Curug. Akan tetapi, lisensi dari Kementrian Perhubungan perlu menunggu beberapa minggu.

Bagi Anda yang tertarik menjadi juru parkir pesawat, tidak perlu khawatir. Tidak seperti profesi di bidang penerbangan lainnya, juru parkir pesawat tidak harus dari latar belakang pendidikan penerbangan.

Syarat menjadi tukang parkir pesawat adalah lisensi dari kementrian yang bisa dipakai untuk bekerja di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir soal aksesibilitasnya misal lebih suka kerja di luar negeri.

Lisensi tukang parkir pesawat juga  mirip seperti paspor di dunia penerbangan dengan dua tahun sekali ada pembaharuan dan pelatihan ulang.

Ketika sudah diterima kerja sebelum lisensi kadaluarsa namun masih bekerja ketika lisensi akan kadaluarsa, biasanya perusahaan akan menanggung pembaharuan lisensi.

Namun bagi yang tidak bekerja sampai lisensi kadaluarsa maka lisensi akan hangus dan harus mencari pelatihan lain secara mandiri agar mendapatkan lisensi baru.

Selain gaji tukang parkir pesawat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi