Jadi Salah Satu Pejabat Indonesia Terkaya, Inilah Sumber Kekayaan Erick Thohir

| 27 Oct 2022 19:02
Jadi Salah Satu Pejabat Indonesia Terkaya, Inilah Sumber Kekayaan Erick Thohir
Erick Thohir, Menteri BUMN (antaranews)

ERA.id - Erick Thohir merupakan nama yang akrab didengar masyarakat Indonesia. Saat ini dia menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, bukan jabatan tersebut yang membuatnya terkenal. Kekayaan Erick Thohir telah menarik perhatian banyak orang sebelum dia mendapat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo.

Erick merupakan salah satu pengusaha besar di Indonesia. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) per 31 Maret 2022, kekayaan Erick Thohir adalah Rp2,3 triliun.

Dia memiliki banyak bisnis yang bergerak di berbagai sektor. Berikut adalah beberapa sumber kekayaan Erick Thohir, dikutip Era dari IDXChannel.

Beberapa Sumber Kekayaan Erick Thohir 

1. Pertambangan dan Kelapa Sawit

Erick Thohir berasal dari keluarga pebisnis sehingga tak heran jika dia memiliki kemampuan berbisnis sejak dini. Erick Thohir adalah anak dari Muhammad Thohir (Teddy Thohir), salah satu pemilik Group Astra International.

Seperti pepatah, “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, Erick saat ini juga menjadi sosok besar dalam dunia bisnis. Salah satu sektor bisnis yang dijalankan oleh Erick adalah pertambangan dan kelapa sawit, yaitu PT Adaro Energy Tbk.

Perusahaan tersebut dijalankan oleh Erick bersama kakaknya, Garibaldi Thohir. Adaro Energy merupakan perusahaan batu bara, salah satu yang terbesar di Indonesia. Meski demikian, Erick tak lagi aktif dalam bisnis Yayasan Adaro sejak menjadi Menteri BUMN.

2. Klub Olahraga

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (tengah), bersama para petinggi Persis Solo (antaranews)

Bagi masyarakat umum, nama Erick Thohir terdengar nyaring sejak menjadi pemilik saham mayoritas Inter Milan, klub sepak bola raksasa dari Italia. Hal tersebut terjadi tahun 2013, tetapi saat ini semua sahamnya telah dijual.

Erick termasuk konglomerat yang suka berinvestasi di sektor olahraga. Selain Inter Milan, dia juga pernah memiliki saham di D.C. United, klub sepak bola Amerika Serikat.

Saham kedua klub tersebut memang dilepaskan, tetapi pada 2018 Erick membeli saham Oxford United, klub sepak bola, pada November 2018. Sebanyak 51 persen saham klub dikontongi oleh Erick Thohir.

Di Tanah Air, Erick memiliki saham klub sepak bola kebanggaan warga Solo, yaitu Persis. Klub berjuluk Laskar Sambernyawa itu dia miliki bersama Kaesang Pangarep, anak Joko Widodo. Di klub sepak bola ini, Erick memiliki 20 persen saham.

3. Media

Erick Thohir juga punya bisnis di bidang media. Dia adalah pendiri Mahaka Group, bisnis di bidang media cetak, media daring, televisi, dan radio. Mahaka Group juga memiliki bisnis advertising atau penyedia layanan periklanan.

Bagian dari Mahaka Group yang lain adalah PT Republika Media Mandiri. Ini merupakan perusahaan percetakan yang menghasilkan berbagai media cetak ternama, misalnya harian Republika dan Republika Online.

Tak berhenti di sana. Erick juga memiliki 50 persen saham salah satu televisi swasta Indonesia, yaitu JAK TV. 

4. Event Organizer

Mahaka Group mengakuisisi 80 persen saham Alive! Indonesia. Ini merupakan perusahaan layanan brand activation, creative agency, dan event organizer. Beberapa acara besar di Indonesia pernah ditangani oleh perusahaan ini.  

Beberapa perusahaan tersebut merupakan sumber kekayaan Erick Thohir. Saat ini dia lebih dikenal sebagai seorang menteri, tetapi dengan berbagai bisnis yang dimiliki, tak heran jika kekayaan Erick mencapai nilai yang fantastis.

Rekomendasi