10 Fakta Masjid Al Jabbar di Bandung yang Tampak Mengapung di Atas Air

| 20 Dec 2022 20:30
10 Fakta Masjid Al Jabbar di Bandung yang Tampak Mengapung di Atas Air
Masjid Al Jabbar tampang mengapung (Twitter)

ERA.id - Kota Bandung ternyata punya banyak wisata religi yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Masjid Agung Al Jabbar di kawasan Gedebage. Menariknya Masjid Al Jabbar ini terapung, bagaimana bisa?

Masjid Al-Jabbar terlihat terapung di atas air karena dikelilingi oleh danau yang indah. Masjid Raya Al Jabbar memiliki kapasitas 50.000 jamaah dan akan menjadi daya tarik baru di Bandung.

Fakta Menarik Masjid Al Jabbar di Bandung

Penasaran dengan pesona Masjid Agung Al Jabbar lainnya? Mari simak informasi berikut ini!

  1. Lokasi Masjid Al Jabbar

Masjid Agung Al Jabbar beralamat di Jalan Cimincrang No.14, Cimenerang, Gedebage, Bandung.

  1. Daya tarik

    Masjid Al Jabbar Bandung (Twitter)

Masjid Agung Al Jabbar Bandung akan menjadi destinasi wisata religi baru di kota Bandung dan Jawa Barat. Masjid ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan, ruang belajar, ruang seminar, hingga tempat pelatihan oleh pemerintah kota Bandung.

Menariknya, Masjid Agung Al Jabbar merupakan salah satu masjid yang menerapkan konsep tempat ibadah dan juga tempat belajar di Indonesia.

Selain itu, Masjid Agung Al Jabbar menggunakan desain yang sangat futuristik dan unik untuk masjid sejenis di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi masjid ini.

  1. Jam buka Masjid Agung Al Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar sendiri tidak memiliki jam buka yang pasti. Masjid ini bisa Anda kunjungi kapan saja karena memang ditujukan untuk tempat ibadah bagi masyarakat umum.

  1. Tidak Hanya Tempat Ibadah

Masjid ini akan menjadi salah satu masjid unik di Jawa Barat karena terletak di danau retensi. Nantinya, masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah tapi juga tempat pendidikan karena di dalamnya akan dibangun museum sejarah nabi dan sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan Jawa Barat.

  1. Dibangun di Lahan 21 Hektar

Masjid Al Jabbar dibangun di atas lahan seluas 21 hektar. Dari luas tersebut, 10 hektar lahan di antaranya memiliki kedalaman 3 meter sebagai tempat penampungan air yang telah disetujui BBWS dan pemerintah pusat. Selebihnya, seluas 11 hektar untuk masjid dan segala kelengkapannya.

  1. Ukuran Masjid Al Jabbar

    Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar in Bandung. Jawa Barat. (Photo: Doc. Antara)

Ukuran Masjid Al Jabbar adalah 99x99 yang melambangkan angka Asmaul Husna dan dibangun empat tower, tiga di antaranya setinggi 33 meter. Angka tersebut menggambarkan rangkaian wirid tasbih 33, hamdalah 33, dan takbir 33. Jadi 33 kali 3 menara adalah 99 dan itulah jumlah bilangan Asmaul Husna.

  1. Dibangun Hutama Karya

Menjelang akhir tahun 2021, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui Divisi Bangunan kembali mendapat kepercayaan untuk melanjutkan proyek pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar yang akan menjadi salah satu icon baru provinsi Jawa Barat.

  1. Tertunda Akibat COVID-19

Berlokasi di kawasan Gedebage, Bandung, Provinsi Jawa Barat, proyek pembangunan masjid sempat tertunda kurang lebih 1,5 tahun akibat pandemi COVID-19 dengan kontraktor sebelumnya itu dilanjutkan kembali sesuai arahan Pemprov Jabar.

  1. Proyek Lanjut Tahun 2021

Penandatanganan kontrak proyek lanjutan ini dilakukan pada Jumat, 23 Juli 2021, dan dihadiri oleh perwakilan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Dr. Indra Maha ST., MT. selaku PPK, GM Gedung PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Yan Arianto dan Executive Vice President (EVP) Divisi Gedung Hutama Karya Purnomo.

  1. Proyek Ratusan Miliar

Hutama Karya  dan Adhi Karya tahun 2021 kemarin diketahui melanjutkan pembangunan proyek Masjid Raya Al-Jabbar dengan nilai cukup fantastis yaitu Rp496 miliar.

Selain Masjid Al Jabbar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi