Syarat Jadi Pramugara Bisa Dari Lulusan SMA, Tapi Harus Memenuhi Beberapa Hal Ini

| 08 Feb 2023 20:00
Syarat Jadi Pramugara Bisa Dari Lulusan SMA, Tapi Harus Memenuhi Beberapa Hal Ini
Syarat jadi pramugara (Twitter)

ERA.id - Pramugara adalah profesi yang bertanggung jawab untuk melayani dan memastikan kenyamanan penumpang pada penerbangan. Sama seperti pramugari, terdapat beberapa syarat jadi pramugara yang harus dipenuhi. Apa saja?

Perlu diketahui, pramugara melakukan tugas seperti membantu penumpang dengan bagasi, memberikan makanan dan minuman, membantu penumpang dalam situasi darurat, dan melakukan tugas lain yang diperlukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Untuk menjadi pramugara, seseorang biasanya harus memenuhi beberapa syarat, seperti memiliki tinggi badan dan berat badan yang sesuai, memiliki kemampuan bahasa asing, dan memiliki pengalaman kerja yang relevan.

Biasanya menjadi pramugara juga diperlukan pelatihan dan sertifikasi yang ketat sebelum seseorang bisa bekerja sebagai pramugara.

Syarat Jadi Pramugara

Dilansir dari Avia Kampus Penerbangan, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pramugara:

  1. Pendidikan

Bagi Anda yang ingin menjadi pramugara, tidak harus menempuh pendidikan S1, S2, S3, hal tersebut dikarenakan ijazah SMA/Sederajat dapat mengikuti pendidikan sekolah pramugari atau pramugara.

  1. Tinggi badan dan berat badan

Idealnya pramugara memiliki tinggi badan minimal 170 centimeter dan maksimal 182 centimeter. Kemudian pramugara harus memiliki berat badan antara 60-62 kilogram. Angka tersebut merupakan hasil dari rumus tinggi badan dikurangi (-) dengan 110.

  1. Keterampilan Berbahasa

Pramugara harus memiliki tata tertib dan sikap profesional, serta bisa berbahasa Inggris dengan baik. Menguasai bahasa inggris menjadi bahasa utama yang harus dikuasai oleh pramugari atau pramugara.

Mulai dari fase pendaftaran hingga pelatihan, calon pramugara akan dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris yang baik, baik secara lisan atau tulisan. Selain itu, penguasaan bahasa asing lain juga dapat menjadi poin plus dari seorang pramugara.

  1. Memiliki Badan Sehat

    Pramugara harus berpenampilan menarik (Twitter)

Pramugara harus memiliki keterampilan fisik yang baik dan bisa melakukan tugas-tugas fisik seperti membantu penumpang dalam situasi darurat. Syarat kesehatan pramugara diantaranya berupa kesehatan mata (tidak buta warna), kesehatan gigi dan mulut, kesehatan kulit, dan kesehatan rohani.

Selain itu, untuk menjadi seorang pramugara tidak diperbolehkan memiliki riwayat penyakit hepatitis dan asma.

  1. Latihan dan Pelatihan

Pramugara harus mengikuti pelatihan dan latihan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan, termasuk pelatihan keamanan dan pemadaman api. Selain itu, pramugara juga harus memiliki keterampilan mengenakan masker oksigen, atau bahkan berenang.

Keterampilan tambahan tersebut bertujuan, jika terjadi keadaan darurat, pramugara dapat menyelamatkan nyawa penumpang yang menjadi prioritasnya.

  1. Dokumen Pelengkap

Adapun pramugara juga diwajibkan memiliki beberapa dokumen pelengkap sebagai berikut:

●        Surat resmi atau sertifikat kelulusan mengikuti sekolah penerbangan

●        KTP

●        akte kelahiran

●        surat keterangan sehat

●        ijazah

●        pas foto

Selain Syarat Jadi Pramugara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi