Hadapi Tantangan Finansial di Tahun Naga Kayu, Simak Kiat agar Tetap Optimistis

| 29 Feb 2024 15:23
Hadapi Tantangan Finansial di Tahun Naga Kayu, Simak Kiat agar Tetap Optimistis
Ilustrasi hidup stabil (Unsplash/East Meets Dress)

ERA.id - Memasuki Tahun Baru Imlek 2575 pada 2024, Tahun Naga Kayu ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, kekuatan, kesuksesan, dan kehormatan menurut budaya China. Tak ayal, ini menjadi tahun yang penuh keoptimisan bagi keluarga muda dalam meraih impian finansial keluarga.

Windy Riswantyo selaku Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life mengatakan, dalam tahun penuh keoptimisan ini, keluarga muda juga perlu cermat dalam meraih impian finansial keluarga. Agar dapat mengatasai segala tantangan finansial yang mungkin terjadi, seperti terkena penyakit kritis hingga tutup usia dini sebaiknya keluarga muda memiliki mitigasi risiko finansial, sehingga dapat meraih tujuan finansial jangka panjang seperti menyekolahkan anak hingga lulus kuliah, rencana ibadah, hingga bisa menikmati hari tua dengan nyaman.

Salah satu tantangan di tahun ini adalah biaya kesehatan yang terus meningkat menjadi 13.0% dan mengalami inflasi 3.0% pada tahun 2024 menurut survei Mercer Marsh Benefit (MMB) bertajuk Health Trends 2024. Biaya perawatan kesehatan yang semakin mahal dapat menjadi risiko beban finansial yang besar bagi keluarga muda.

Terlebih lagi, dengan semakin tingginya angka penyakit kronis dan biaya perawatan yang terus meningkat, keluarga muda perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk

menghadapi kondisi kesehatan yang tidak terduga. MMB mengatakan kanker masih menjadi risiko kesehatan utama tidak hanya di seluruh dunia.

Hal ini tecermin jumlah besaran klaim dalam dolar pada tahun 2022. Berkaca pada survei tersebut, keluarga muda sebaiknya sehat dalam hal pola hidup dan juga finansial. Memiliki asuransi kesehatan menjadi kewajiban yang sebaiknya dipenuhi di tahun naga kayu ini.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, pahami 3 kiat terkait asuransi berikut.

1. Lindungi dengan asuransi kesehatan dari sekarang

Sebaiknya jangan menunggu hingga ada anggota keluarga yang sakit. Melainkan, belilah asuransi kesehatan sedini mungkin di saat diri sendiri dan keluarga dalam kondisi kesehatan yang prima. Dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga, maka kekhawatiran aset akan tergerus untuk membiayai pengobatan ketika sakit dapat teratasi.

Bagi keluarga muda yang masih memiliki banyak kebutuhan, bisa mendaftar menjadi peserta dalam program jaminan kesehatan dari pemerintah. Namun, bagi keluarga yang lebih mapan dan menginginkan fasilitas yang lebih nyaman khususnya bagi anak dapat menambahkan asuransi kesehatan swasta. Adapun alokasi untuk kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan sekitar 10% dari pendapatan.

2. Pilih produk dengan manfaat yang sesuai

Saat ini banyak produk asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai macam manfaat. Penting bagi keluarga muda untuk mendiskusikan kebutuhan akan proteksi kesehatan bersama-sama, misalnya apakah dari kedua belah pihak memiliki hitori penyakit kritis, fasilitas kesehatan seperti apa yang diinginkan, hingga alokasi budget yang disepakati. Astra Life memiliki beragam perlindungan kesehatan dengan manfaat yang lengkap, seperti perlindungan kesehatan yang memberi manfaat pembayaran rawat inap, pembedahan sesuai tagihan rumah sakit, santunan harian rawat inap, dan penyakit kritis sejak tahap dini.

Khusus untuk tertanggung anak-anak, dapat dipaami setiap orang tua ingin memberikan perawatan terbaik ketika anak dirawat di rumah sakit, supaya proses penyembuhannya optimal. Untuk itu, Medicare Premier, asuransi tambahan yang memberi jaminan rawat inap di kamar privat tanpa terpengaruh kenaikan biaya rumah sakit selama polis aktif, juga menanggung biaya tambahan extra bed atau hotel terdekat dari rumah sakit selama rawat inap di rumah sakit.

3. Memiliki asuransi tanpa ribet

Penting bagi keluarga muda yang tengah sibuk dalam kesehariannya untuk memiliki asuransi dengan layanan yang memudahkan nasabahnya. Layanan untuk memudahkan nasabah memiliki akses ke portal nasabah lewat aplikasi ini sangatlah penting. Nasabah yang hendak berobat rawat inap di rumah sakit cukup menunjukan e-card. Terdapat juga fitur My Claim yang dapat mempermudah klaim asuransi kesehatan, fitur My Fund untuk dapat melakukan e-switching yaitu pengalihan dana

investasi dan e-withdrawal yaitu fitur untuk menarik saldo. Fitur-fitur ini membuat pengelolaan asuransi keluarga muda menjadi lebih praktis.

Rekomendasi