Mengenal Apa Itu IISMA 2023, Syarat Pendaftaran, dan Manfaat yang Didapatkan

| 01 Mar 2023 22:40
Mengenal Apa Itu IISMA 2023, Syarat Pendaftaran, dan Manfaat yang Didapatkan
Beasiswa IISMA (situs resmi Kemendikbudristek)

ERA.id - Program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) kembali diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pendaftarannya dibuka pada 8 Februari hingga 1 Maret 2023. Apa itu IISMA?

IISMA merupakan program beasiswa yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi (PT) luar negeri ternama. Perkuliahan tersebut berlangsung selama satu semester atau 4—6 bulan.

Mengenal Apa Itu IISMA

Dikutip Era.id dari situs resmi Kemendikbudristek, IISMA merupakan program beasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswa program sarjana dan vokasi yang memiliki dua skema. IISMA sarjana dapat diikuti oleh mahasiswa aktif jenjang S-1 PT dalam negeri di bawah Kemendikbudristek yang menjalani pendidikan di semester 4 atau 6 ketika melakukan pendaftaran.

Sementara, IISMA vokasi bisa diikuti oleh mahasiswa program Diploma 3 (D-3) yang menjalani pendidikan di semester 4 dan mahasiswa D-4 yang menjalani pendidikan di semester 4 atau 6 di Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) di bawah Kemendikbudristek.

Ilustrasi mahasiswa beasiswa IISMA di luar negeri (situs resmi Kemendikbudristek)

Pada IISMA vokasi, mahasiswa akan menerima penjelasan internasional di lingkungan akademik dan industri. Program untuk mahasiswa vokasi ini menawarkan kesempatan belajar di PT luar negeri dan kegiatan di industri yang bekerja sama dengan PT mitra yang ada di luar negeri.

Dua skema dalam IISMA ini mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa asal Indonesia terhadap keragaman akademik dan budaya internasional. Mahasiswa juga bisa mengembangkan kemampuan untuk menghadapi masa depan dan jejaring internasional.

IISMA vokasi bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia menjadi global citizen dan mengenal dunia internasional. Program ini juga diharapkan mampu serta keterampilan teknis (hard skills), keterampilan nonteknis (soft skills), dan memperkuat jaringan.

Selain manfaat-manfaat tersebut, beasiswa IISMA memberikan sejumlah fasilitas bagi para mahasiswanya. Beasiswa ini mencakup biaya pendaftaran dan pendidikan, asuransi kesehatan, biaya tunjangan hidup, biaya penerbangan, dan visa.

Syarat Mendaftar IISMA

Program beasiswa IISMA 2023 bisa didapatkan dengan melakukan pendafataran. Beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk mendaftar IISMA adalah sebagai berikut.

·         Indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.0

·         Kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor TOEFL iBT (minimal 78 untuk sarjana dan 60 untuk vokasi), IELTS (minimal 6.0), Duolingo English Test (minimal 100 untuk sarjana dan 95 untuk vokasi), atau TOEIC (minimal 605 untuk vokasi).

Sementara, mengacu pada syarat dan ketentuan IISMA tahun 2022, berikut adalah persyaratan dokumen dan persyaratan mahasiswa yang perlu diperhatikan.

Persyaratan dokumen

1.    Surat rekomendasi yang telah ditandatangani oleh kepala urusan internasional atau wakil rektor bagian akademik.

2.    Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo) dengan ketentuan yang telah disampaikan sebelumnya.

3.    Transkrip akademik dalam bahasa Inggris.

4.    Surat pernyataan perihal mobilitas yang menyatakan belum pernah melakukan mobilitas internasional.

5.    Surat penyataan bebas norkoba.

6.    Surat penyataan tidak pernah terlibat dalam kekerasan seksual.

Persyaratan mahasiswa

1.    Mahasiswa aktif D-3/D-4/S-1 di PT dalam negeri di bawah naungan Kemendikbudristek.

2.    WNI di Indonesia dan tidak berkewargaan ganda.

3.    Menempuh pendidikan di semester 4 atau 6 (tergantung jenjang pendidikan) saat mendaftar.

4.    Maksimal berusia 23 tahun pada Juli tahun pendaftaran.

5.    Tidak pernah mengambul cuti semester.

6.    Tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional secara fisik, termasuk summer/winter program, internship, exchange, credit mobility, sit-in, dual/double degree selama kuliah. 

7.    IPK minimal 3,0 (dari (4,0) yang dibutkikan dengan transkrip nilai terakhir.

8.    Sertifikat bahasa Inggris dengan nilai yang cukup sesuai ketentuan.

9.    Dinomonasikan oleh wakil rektor bidang akademik dari masing-masing PT.

Tidak menerikan biaya hidup/tunjangan hidup dari Kemendikbudristek dan LPDP selama mengikuti IISMA.

Rekomendasi