Apa Itu Black Card dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Membuatnya?

| 10 Apr 2023 22:05
Apa Itu Black Card dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Membuatnya?
Apa itu black card (unsplash)

ERA.id - Sering disebut sebagai “kartu sakti” dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, apa itu black card? Mari simak penjelasannya melalui artikel berikut ini.

"Black card" merupakan istilah yang umumnya merujuk pada kartu kredit yang dikeluarkan oleh beberapa bank atau lembaga keuangan tertentu yang ditujukan untuk konsumen dengan tingkat pendapatan tinggi dan memiliki akses ke berbagai layanan eksklusif.

Apa Itu Black Card?

Black card sendiri adalah jenis kartu kredit yang hanya diterbitkan oleh American Express Bank dan American Express Centurion Bank. Dengan demikian, kartu eksklusif ini tidak bisa dimiliki oleh semua orang Indonesia karena tidak diterbitkan oleh BI.

American Express menerbitkan black card yang ditujukan kepada orang-orang tertentu sebagai media pembayaran dan akses fasilitas-fasilitas premium saat berbelanja.

Black card seringkali memiliki batas kredit yang sangat tinggi dan fitur-fitur tambahan, seperti lounge bandara eksklusif, manajer akun pribadi, akses ke program loyalty, program cashback yang lebih baik, dan perlindungan asuransi perjalanan.

Kartu kredit jenis ini juga seringkali dibuat dari material yang premium, seperti logam, dan memiliki desain yang elegan dan mewah. Beberapa bank juga menawarkan black card dengan biaya tahunan yang sangat tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa black card bukanlah satu-satunya pilihan kartu kredit bagi konsumen dengan pendapatan tinggi dan bukan juga tanda kekayaan atau kesuksesan finansial.

Anda sebaiknya mempertimbangkan secara matang dan membandingkan fitur, manfaat, dan biaya dari berbagai jenis kartu kredit sebelum memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan mereka.

Siapa Yang Punya Black Card di Indonesia?

Perlu diketahui, beberapa artis pemilik black card ini berasal dari Korea Selatan. Para artis ini antara lain G-Dragon, Suho EXO, dan Jungkook BTS. Selain beberapa artis dari Korea Selatan tersebut, ada juga artis Hollywood seperti  Oprah Winfrey dan Beyonce. 

Menariknya, di Indonesia tidak banyak yang memiliki Black Card. Bahkan, hanya ada satu artis Indonesia yang memilikinya yakni Nagita Slavina.

Perlu diketahui, Nagita adalah istri dari Raffi Ahmad yang  memang dikenal sebagai orang yang kaya. Nagita juga dikenal sebagai anak dari seorang pemilik saham satu rumah produksi sinetron di Indonesia yakni Rieta Amalia.

Kenapa Black Card Mahal?

Black card dianggap mahal karena ditujukan untuk konsumen dengan tingkat pendapatan tinggi yang mampu membayar biaya tahunan yang lebih tinggi dan memiliki batas kredit yang lebih besar.

Kenapa Black Card Mahal (unsplash)

Selain itu, fitur-fitur tambahan seperti akses ke layanan eksklusif, lounge bandara, manajer akun pribadi, dan asuransi perjalanan yang lebih baik juga menjadi faktor yang menambah biaya tahunan dari black card.

Selain biaya tahunan yang lebih tinggi, black card juga dapat menawarkan berbagai keuntungan tambahan yang mungkin tidak tersedia di kartu kredit biasa, seperti cashback yang lebih besar, program reward yang lebih baik, dan program loyalty eksklusif.

Penting untuk diingat bahwa biaya tahunan yang tinggi pada black card mungkin tidak sepadan dengan manfaat yang ditawarkan bagi konsumen yang tidak menggunakannya secara optimal.

Selain apa itu black card, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi