Profil Andi Pangerang Hasanudin, PNS yang Viral Gara-Gara Penetapan 1 Syawal

| 26 Apr 2023 23:05
Profil Andi Pangerang Hasanudin, PNS yang Viral Gara-Gara Penetapan 1 Syawal
Andi pangerang hasanudin (twitter)

ERA.id - Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 ini berlangsung tidak serentak di Indonesia. Hal tersebut membuat peneliti dari Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang Hasanuddin bereaksi dan viral. Artikel ini akan membahas profil Andi Pangerang Hasanudin dan beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

Andi Pangerang ramai disorot usai komentarnya di media sosial berkaitan dengan “halalkan darah Muhammadiyah”.

Atas reaksi kontroversialnya tersebut, Andi Pangerang Hasanuddin harus menghadapi persoalan hukum dan etik atas unggahan yang dilakukannya tersebut.

ketikan andi pangerang hasanudin yang viral (twitter)

Profil Andi Pangerang Hasanudin

  1. Biodata

Berdasarkan data BRIN, Andi Pangerang kini menjabat sebagai Peneliti Muda Pertama di Pusat Riset Antariksa BRIN dan merupakan lulusan Sarjana Teknik Elektro. Berikut ini biodata Andi Pengerang:

  • Nama Lengkap: Andi Pangerang Hasanuddin
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Satuan Kerja: Pusat Riset Antariksa
  • Jabatan: Peneliti Ahli Pertama
  • Pangkat/golongan: Penata Muda III/a
  • Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Pendidikan:
  • - SMA 1 Semarang
  • - S1 Teknik Elektro Universitas Diponegoro

Dilansir dari CNN Indonesia, Andi Pangerang menamatkan pendidikannya di SMA 1 Semarang dan melanjutkan pendidikan dengan mengambil program sarjana Teknik Elektro di Universitas Diponegoro pada 2009.

  1. Suka dengan Antariksa Sejak kecil

Dilansir dari Detik, ketertarikan Andi Pangerang terhadap ilmu bintang dan antariksa sudah  sejak kecil. Meskipun demikian, ketertarikan terse itu kian menjurus sejak duduk di bangku SMA.

  1. Siswa Berprestasi

Andi juga pernah mengikuti olimpiade sains dan astronomi tingkat SMA se-Jawa Tengah mewakili sekolahnya. Andi pada waktu itu tidak duduk di podium pertama, namun masuk 10 besar pada ajang tersebut.

  1. Kegiatan Semasa Mahasiswa

Sementara itu di jenjang pendidikan tinggi, Andi juga bergabung dengan komunitas yang mempelajari ilmu falak dan mempelajari penentuan waktu shalat, awal bulan kamariah, hingga penghitungan fase gerhana.

  1. Menciptakan Platform Ilmu Falak

Andi dikenal di kalangan komunitas astronomi lantaran menjadi pencipta platform perhitungan arah kiblat, waktu shalat, gerhana, dan hisab awal bulan hijriyah. Andi dianggap menciptakan hal baru untuk menunjang penghitungan ilmu falak.

  1. Awal Karir

Diketahui Andi Pangerang adalah alumni Undip tahun 2015. Namun sebelum menjadi ASN, Andi mengajar bimbingan belajar (bimbel) di Jakarta.

Ketika menjadi pengajar di bimbel, Andi giat belajar dan dengan menambah pengetahuannya tentang astronomi. Hal tersebut dilakukannya karena terdapat kurikulum internasional yang memuat bab mengenai astrofisika.

Hingga kemudian, modal belajar dan ketekunan dalam bidang astronomi mengantarkan Andi Pangerang Hasanuddin bergabung dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN). Perlu diketahui, kini LAPAN  sudah dilebur ke BRIN pada tahun 2018.

Selain profil Andi Pangerang Hasanudin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi